Targetkan Transaksi E-Commerce Rp230 Triliun, Program Satu Juta Domain Sasar UMKM

Griya UMKM Kota Yogyakarta. (Foto: Arif Giyanto)
Griya UMKM Kota Yogyakarta. (Foto: Arif Giyanto)

Umbulharjo, JOGJADAILY ** Pada 2015, transaksi e-commerce di Indonesia mencapai angka fantastis, Rp180 triliun. Tahun ini, target pemerintah meningkat hingga Rp230 triliun. Untuk memuluskannya, pemerintah pun meluncurkan Program Satu Juta Domain.

Melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), pemerintah mengadakan Program Satu Juta Nama Domain Indonesia, yaitu pemberian nama domain Indonesia beserta hosting dan pendampingan selama 1 tahun, mulai triwulan II tahun 2016. Tujuannya, mendorong perkembangan, peningkatan kepercayaan, dan pengenalan produk Indonesia ke luar negeri.

“Sasaran program ini adalah UMKM yang berpotensi menjual produk atau jasa secara online. Harapannya, akan semakin banyak produk dari Indonesia yang akan dikenal di luar negeri yang pada akhirnya akan terjadi peningkatan pendapatan,” ujar Koordinator Program 1 Juta Domain wilayah DIY, Eka Indarto, di Ruang Rapat 3 Dinas Perizinan Kompleks Balaikota, Selasa (7/6/2016).

Ia menjelaskan, dari jumlah pendududuk Indonesia, menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), per Februari 2016, hanya ada sekitar 88 juta pengguna internet. Dan berdasarkan data Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), pengguna nama domain Indonesia pada akhir Maret 2016 hanyalah 188 ribu.

Ada beberapa persyaratan yang harus ditempuh, apabila UMKM berminat mendapatkan nama domainnya, antara lain memiliki produk (barang atau jasa) yang dapat ditawarkan secara online (daring), berdomisili di Indonesia, memiliki penanggung jawab di Indonesia dan nomor yang dapat dihubungi.

Selain itu, bersedia menyiapkan materi produk yang akan ditampilkan dalam situs internet, memiliki surat rekomendasi dari Dinas Pembina UMKM setempat, dan terakhir, mengisi form pengajuan nama domain Indonesia yang dapat diakses melalui http://bit.ly/1jutadomainjogja

Informasi lebih lanjut, UMKM bisa mengikuti fanspage atau website resmi yang dikelola Tim Kominfo dan pendamping program, https://fb.com/1Juta.ID/ dan http://1juta.id

Pendampingan

Selanjutnya, akan ada tenaga pendamping yang ditunjuk Kominfo untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan pembuatan domain. Masing-masing wilayah akan didampingi tenaga pendamping yang berasal dari unsur akademisi dan relawan TIK.

Keterlibatan unsur akademisi akan memiliki nilai tambah di mana kelak, setiap program KKN yang diterjunkan ke masyarakat, salah satu program utama mereka adalah mendampingi UMKM dalam mengelola domain mereka.

Domain gratis ini hanya berlaku selama 1 tahun dan tergantung pada kemampuan sumberdaya UMKM dalam mengelola domain tersebut.

“Perlu adanya pemahaman kepada pemilik domain bahwa apa yang mereka dapatkan melalui domain tersebut akan membuat usaha mereka tambah maju,” pungkas Eka.