Menuju Pilkada Yogyakarta 2017 Aman dan Damai

KPUD Yogyakarta menerima pendaftaran dua paslon. (Foto: Simpul Oktavianto)
KPUD Yogyakarta menerima pendaftaran dua paslon. (Foto: Simpul Oktavianto)

Kota Yogyakarta,  JOGJADAILY ** Komisioner Bawaslu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  Bagus Sarwono meminta agar kedua timses pasangan calon beserta simpatisan dan pendukung tetap mematuhi aturan hukum dan menjaga situasi tetap aman dan damai.

“Mari ciptakan pilkada Yogyakarta 2017 yang aman, damai dan sukses,” kata komisioner yang juga pengurus KAHMI DIY tersebut. Ketika ditanya mengenai pelanggaran yang terjadi Bagus mengatakan bahwa sejauh ini belum ada pelanggaran yang terjadi.

“Masih sesuai aturan yang berlaku dan belum ada pelanggaran yang ditemukan,” tambahnya.

Tahapan pilkada Yogyakarta tahun 2017 diprediksi akan berlangsung seru. Pada tahapan pendaftaran pasangan calon pilkada tercatat ada dua pasangan calon resmi mendaftar.

Dengan demikian akan terjadi pertarungan “head to head” diantara pasangan calon tersebut. Pasangan pertama yang mendaftar pada hari pertama adalah pasangan atas nama Imam Priyono (Wakil Walikota Yogyakarta aktif/petahana) dan Ahmad Fadli.

Pasangan tersebut didukung oleh PDIP, Nasdem dan PKB. Kemudian pasangan kedua yang mendaftar pada hari terakhir adalah pasangan calon atas nama Haryadi Suyuti (Walikota Yogyakarta aktif/petahana) dan Heroe Purwadi. Keduanya didukung oleh PAN, Golkar, PKS, PPP, Demokrat dan Gerindra.

Ketua KPU Yogyakarta Wawan Budiyanto pada saat menerima pasangan calon beserta rombongan mengatakan bahwa persyaratan pendaftaran pasangan calon terdiri dari persyaratan pencalonan dan persyaratan calon.

“Semuanya sudah ditentukan dalam PKPU No. 9 tahun 2016 sehingga harus dipatuhi. Nantinya semua berkas tersebut akan diverifikasi kebenaran dan keabsahannya,” kata Wawan.

Dari kedua pasangan calon itu ada dua parpol yang tidak dapat menjadi pengusung pasangan calon karena tidak memenuhi syarat. “Kedua parpol itu adalah PKB yang mendukung Imam Priyono-Ahmad Fadli dan PPP yang mendukung Haryadi-Heroe Purwadi,” ujarnya.

Namun demikian juru bicara masing-masing pasangan calon mengatakan bahwa kedua parpol tersebut tetap menjadi pendukung masing-masing pasangan calon hanya saja tidak didaftarkan di KPU.

Tahapan pendaftaran pasangan calon pilkada Yogyakarta sendiri dilaksanakan sejak Rabu (21/9) sampai terakhir Jum’at (23/9) bertempat di kantor KPU Yogyakarta. Pendaftaran akan ditutup hari pada hari terakhir sampai pukul 24.00 Wib.