Percepat Yogyakarta Smart City, Kontribusi Stakeholder Dorong Akselerasi Pemerintah

Prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman Percepatan Yogyakarta Smart City dengan PT.IBM di Kompleks Balaikota Yogyakarta, Jum'at (16/09/2016), (Foto:Humas Pemkot Yogyakarta).
Prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman Percepatan Yogyakarta Smart City antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan PT.IBM di Kompleks Balaikota Yogyakarta, Jum’at (16/09/2016), (Foto:Humas Pemkot Yogyakarta).

Balaikota, JOGJADAILY ** Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta Kembali menegaskan tekadnya untuk mewujudkan Yogyakarta sebagai smart city (Kota Cerdas). Demi mempercepat terwujudnya Konsep Smart City, Pemkot siap membuka kerjasama dengan sejumlah stakeholder.

Konsep Smart city adalah upaya Pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik dengan basis pemanfaatan sistem teknologi dan informasi.

Sebelumnya Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menjelaskan bahwa Konsep Smart City ini mengacu pada bagaimana inovasi-inovasi dalam bidang teknologi informasi dikembangkan oleh Kota Yogyakarta bisa memberikan manfaat serta kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Pemkot terus berupaya untuk membangun teknologi informasi yang nantinya dapat mempermudah akses masyarakat untuk berinteraksi dengan Pemerintah,” kata Haryadi Suyuti.

Yogyakarta merupakan salah satu Kota yang gencar melakukan upaya untuk mengimplementasikan serta mengembangkan konsep ini. Yogyakarta telah berhasil menuangkan Konsep Smart City dalam beberapa bentuk gagasan yang dapat diakses langsung masyarakat.

Sejauh ini Yogyakarta telah mewujudkan Konsep Smart City dalam beberapa layanan publik, diantaranya adalah pendaftaran sekolah secara daring, pelayanan keluhan dan informasi, pelayanan pendampingan belajar siswa serta administrasi pemakaman.

Namun demikian, Konsep Smart City belum seluruhnya berhasil diimplementasikan dalam bentuk program layanan publik.

Kontribusi Stakeholder

Affrio Sunarno (Foto: dokumentasi pribadi)
Affrio Sunarno (Foto: dokumentasi pribadi)

Kabid Litbang Bappeda Kota Yogyakarta, Affrio Sunarno, kepada Jogja Daily menyampaikan bahwa Walikota Yogyakarta membuka kesempatan bagi semua stakeholder untuk memberikan kontribusinya untuk mempercepat terwujudnya Yogyakarta Smart City ini.

“Dalam rangka melakukan terobosan dan percepatan terwujudnya Konsep Smart City ini, Pemkot kini memfokuskan pada tiga isu utama yakni Smart Education, Smart Tourisme dan Smart Transportation,” ujar Affrio pada Jogjadaily, jum’at (16/9).

Keseriusan Pemkot untuk mempercepat Konsep Smart City ini dibuktikan dengan sejumlah terobosan yang telah dilakukan yakni dengan menggandeng sejumlah stakeholder yang diharapkan mampu mendorong dan memberikan efek positif.

Baru-baru ini Pemkot melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dengan PT.IBM dalam rangka Pengembangan Solusi Smart City di Kota Yogyakarta.

“MOU dengan PT.IBM  ini merupakan salah satu bentuk dari upaya Pemkot untuk mempercepat Yogyakarta Smart City,” imbuhnya.