Pesan Walikota di Balik Kemeriahan Pesta HUT ke 260 Kota Yogyakarta

Penampilan kontingen kecamatan Tegalrejo dalam wayang jogja night carnival, jum'at (7/10). (Foto: Astama Izqi Winata).
Penampilan kontingen kecamatan Tegalrejo dalam wayang jogja night carnival, jum’at (7/10). (Foto: Astama Izqi Winata).

Jogja Kota, JOGJADAILY ** Tanggal tujuh oktober merupakan hari istimewa bagi seluruh masyarakat Kota Yogyakarta. Sebagai Pertanda hari jadi kota pelajar. Antusiasme warga dalam menyambut hari jadinya nampak disetiap sudut kota. Pelajar hingga pegawai pemerintahan nampak tumpah ruah mengenakan busana adat Yogyakarta gagrak ngayojokarto.

Ucapan selamat serta tumpukkan harapan bergema disetiap mimbar upacara peringatan HUT ke 260 Kota gudeg ini. Pun Kemeriahan pesta pada puncak peringatan berhasil menyita perhatian ribuan warga. Namun dibalik semua itu ada pesan walikota yang patut dicatat.

Didepan seluruh jajaran aparat di lingkungan Pemerintahan Kota Yogyakarta, Walikota Haryadi suyuti mengajak memanfaatkan momentum ini sebagai ajang untuk intropeksi terhadap kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia juga berpesan kepada seluruh aparat di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta  untuk terus meningkatkan kinerjanya sekaligus membangun sinergitas dengan masyarakat. “Hal ini sangat diperlukan untuk mensukseskan pembangunan Yogyakarta,” papar haryadi dalam amanatnya, jum’at (7/9).

Sebagai pelayan masyarakat, seluruh aparat di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki tugas dan kewajiban untuk mendukung setiap gerak langkah warga dan Kota Yogyakarta dalam mencapai kemajuan.

Selaku aparat pemerintah, lanjutanya, kita harus ajur ajer beriring bersama membangun Kota Yogyakarta agar semakin berprestasi dan berbudaya dengan landasan Segoro Amarto. “Yogyakarta adalah bagian penting dari pembangunan Indonesia,” paparnya.

Selain itu walikota juga meminta maaf kepada seluruh warga Yogyakarta. Meski telah bekerja secara optimal, ia mengaku masih ada beberapa hal yang mesti diperbaiki. “Tidak semua kegiatan membuahkan hasil yang sempurna, “ imbuh Haryadi.

Pesta Rakyat

Puncak perayaan ulang tahun Kota Yogyakarta yang telah digelar pada jum”at (7/10) lalu merupakan pesta seluruh warga masyarakat Kota Yogyakarta. Mengusung tema wayang jogja night carnival, pagelaran ini menampilkan tokoh-tokoh wayang dari 14 kontingen Kecamatan.

Karnaval yang berpusat di tugu pal putih Yogyakarta ini berhasil menyedot perhatian warga masyarakat Yogyakarta.“Kegiatan ini merupakan persembahan seluruh entitas Kota Yogyakarta,” ungkap Haryadi.

Menurutnya hari ulang tahun Kota Yogyakarta ini merupakan hajat seluruh warga masyarakat Yogyakarta. Peran masyarakat begitu penting, Sehingga peran masyarakat harus didorong dan diwadahi dan muncul dalam bentuk potensi seni budaya berbasis kewilayahan.

Pawai budaya yang telah berlangsung pada jum’at malam lalu diharapkan dapat mewujudkan Yogyakarta menjadi lebih baik.”Serta dapat membangun kehidupan dalam keselarasan yang bertujuan untuk kemakmuran bersama,” tuturnya.