Bumi Imogiri yang Berbudaya, Tema Pengukuhan Aryaduta Kecamatan Imogiri

Pengukuhan Aryaduta Kecamatan Imogiri. (Foto: Kecamatan Wonogiri)

Imogiri, JOGJADAILY.COM ** ‘Bumi Imogiri yang Berbudaya’ menjadi tema pengukuhan Aryaduta Kecamatan Imogiri’. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Forum Cinta Budaya Bangsa (FORCIB), Sudarno, di Pendapa Kecamatan Imogiri, Minggu (22/1/2017), pukul 20.00.

“Kami menyambut baik tema sarasehan pada malam ini. Sebagaimana kita ketahui bersama, dewasa ini, dunia yang senantiasa memberikan optimisme kepada kita, kini juga menghadirkan dinamika yang membawa ancaman krisis terhadap berbagai aspek budaya kita,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Sunarto, membacakan sambutan Bupati Bantul, Suharsono.

Menurutnya, dunia semakin terintegrasi dan membuat apa yang terjadi di belahan dunia sebelah sana akan segera berpengaruh di Kabupaten Bantul, dan demikian sebaliknya.

“Sebenarnya, jika kita memiliki fondasi kehidupan yang kuat maka apa yang terjadi di seberang sana akan relatif tidak berpengaruh pada kehidupan kita. Apa yang kini kita alami, dan kita rasakan bersama,” tutur Bupati.

Pada dasarnya, tambah Suharsono, fondasi kehidupan harus terus diperkuat, bukan saja dalam segi-segi pembangunan material, melainkan pembangunan budaya.

Dirilis Kecamatan Imogiri, hadir dalam pengukuhan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY, Camat Imogiri, Muspika, dan Lurah se-Kecamatan Imogiri.

Kecamatan Potensial

Kecamatan Imogiri berada di sebelah tenggara ibu kota Kabupaten Bantul dan mempunyai luas wilayah 5.448,6880 Ha. Desa di wilayah administratif Kecamatan Bantul adalah Desa Selopamioro, Desa Sriharjo, Desa Kebonagung, Desa Imogiri, Desa Karangtalun, Desa Karangtengah, Desa Wukirsari, dan Desa Girirejo.

Kecamatan Imogiri berada di dataran rendah. Ibu kota kecamatannya berada pada ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Jarak ibu kota Kecamatan ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Bantul adalah 8 km.

Kecamatan Imogiri beriklim seperti layaknya daerah dataran rendah di daerah tropis dengan cuaca panas sebagai ciri khas. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Imogiri adalah 26ºC dengan suhu terendah 23ºC.

Bentangan wilayah di Kecamatan Imogiri 30 persen berupa daerah yang datar sampai berombak, 70 persen berombak sampai berbukit, dan 0 persen berbukit sampai bergunung.

Kecamatan Imogiri dihuni oleh 13.119 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Imogiri adalah 56.357 orang, dengan jumlah penduduk laki-laki 27.291 orang dan penduduk perempuan 29.966 orang.

Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Imogiri adalah 1.934 jiwa/km2. Sebagian besar penduduk Kecamatan Imogiri adalah petani. Dari data monografi kecamatan, tercatat 13.431 orang atau 23,83 persen penduduk Kecamatan Imogiri bekerja di sektor pertanian.