Desa Murtigading Bantul Menjadi Percontohan Implementasi Sistem Infomasi Desa

Tampilan situs web Desa Martigadung, Bantul.

Bantul, JOGJADAILY.COM ** Keterbukaan informasi dan akses luas ke masyarakat membuat pemerintah daerah berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan tak berhenti sampai ke ranah pemerintah kota atau kecamatan bahkan sampai ke tingkat desa seperti yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Murtigading, Bantul.

Desa Murtigading yang terletak di Kecamatan Sanden pada awal tahun 2017 ini saja sudah menyabet predikat pertama perngelolaan web berdasar berita atau artikel terbanyak dan termutakhir. Atas prestasinya inilah Desa Murtigading dijadikan desa percontohan implementasi Sistem Informasi Desa (SID) di Bantul.

“Semoga dengan implementasi SID se Kabupaten Bantul nantinya, tercipta penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik lagi, efektif dan efisien,” harap Sekretaris Kecamatan Sanden, Rudy Suharta seperti dikutip dari laman Pemda Bantul.

SID Baru Merambah 9 Desa

Dari total 75 desa yang ada di Bantul ternyata baru Sembilan desa yang sudah menerapkan SID, itupun belum semua desa berjalan dengan lancar. Padahal menurut Kepala Dinas KOmunikasi dan Inromasi (Diskominfo) Bantul, Eko Nugroho, SID memberikan peranan penting dalam penyelenggaraan dan pelayanan public di tingkat perdesaan.

“SID sangatlah mendesak untuk diimplementasikan di era keterbukaan informasi publik, pembangunan SID memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang Information Technology (IT) dan sarana dan prasarananya,” jelasnya.

Lebih lanjut Kepala Diskominfo mengatakan, keinginan untuk mewujudkan Good Governance merupakan salah satu agenda pokok reformasi yang diharapkan dapat dilaksanakan secara konsisten oleh pemerintah. Masyarakat menuntut adanya akuntabilitas yang baik disertai dengan transparansi dan keterbukaan pengelolaan di sektor publik agar publik dapat mengontrol dan memperbaiki kinerja pemerintah.