FITRA Kukuhkan Kulon Progo Daerang dengan Indeks Akuntabilitas Tertinggi

Peta Kabupaten Kulon Progo

Kulon Progo, JOGJADAILY.COM ” Bertempat di Hotel Arya Duta, Jakarta, Kamis (16/3/17) Menteri Dalam negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada lima daerah yang dinilai baik oleh Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA). Salah satu daerah yang mendapat penghargaan adalah Kulon Progo sebagai daerah yang memiliki indeks akuntablitas tertinggi.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Mendagri kepada pejabat bupati sementara Kulon Progo, Budi Antono. Menurut Budi penghargaan ini cambuk dan motivasi untuk Pemkab Kulon Progo untuk berbenah dan berinovasi lebih baik lagi.

“Dan terus meningkatkan dalam pengeloaan anggaran daerah. Saya yakin dan percaya, bahwa penghargaan ini sudah melalui proses atau tahapan yang ketat,” kata Budi dikutip dari situs Pemkab Kulon Progo.

Penghargaan ini diberikan setelah FITRA melakukan penelitian yang bertujuan mengukur tata keloloa anggaran daerah  di 70 kota dan kabupaten di Indonesia. Studi ini juga memberikan umpan balik kepada pemerintah pusat serta komisi informasi pusat dan daerah untuk meningkatkan kinerja dalam pengawasan dan pengelolaan keuangan daerah.

Penghargaan diberikan kepada lima daerah yang memiliki indeks terbaik versi Local Budget Study Fitra yang meliputi Indeks Transparansi, Indeks Akuntabilitas, Indeks Partisipasi, Indeks Kesetaraan Gender dan Indeks Kinerja Pengelolaan Keuangan.

“Kami bangga karena dengan penghargaan ini bisa untuk mengukur kinerja dalam hal perencanaan dan penganggaran daerah berdasarkan partisipasi, tranparansi, dan akuntabilitas serta kesetaraan gender,” paparnya.

Dijelaskan, selama ini Kabupaten Kulon Progo telah melaksanakan berbagai inovasi diantaranya adalah mengintegrasikan Sistem Informasi seperti; Aplikasi Aspirasiku, Sinangkis, e-musrenbang, e-planning, e-monev, dan e-sakip. Selain itu juga melakukan monev secara berkala per tri wulan bagi Organisasi Perangkat Daerah, dalam kegiatan tersebut kami terbitkan raport bagi OPD.

Tingkatkan Pelayanan Berbasis Partisipatif

Berkaitan dengan pengelolaan anggaran, Kabupaten Kulon Progo juga secara berturut-turut selama tiga tahun meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI dari tahun 2013, 2014 dan 2015.

“Kedepan, kami akan lebih meningkatkan serta mengembangan pelayanan maupun inovasi dibidang pengelolaan anggaran yang berbasis partisipatif dan IT untuk kepentingan masyarakat luas,” tandas Budi Antono.

Adapun untuk 5 daerah yang mendapat penghargaan adalah Kabupaten Kulon Progo untuk Daerah dengan Indeks Akuntabilitas Tertinggi, Kabupaten Kebumen untuk Daerah dengan Indeks Transparansi Tertinggi, Kabupaten Bone untuk Daerah dengan Indeks Partisipasi Tertinggi, Kabupaten Bone untuk Daerah dengan Indeks Responsif Gender Tertinggi, Kota Surabaya untuk Daerah dengan Kinerja Keuangan Daerah Terbaik.