UGM Peringkat Wahid Soal Analisis Data Se ASEAN

Tim UGM yang mengikuti lomb analisis data di Surabaya. (sumber: situs Web UGM)

Yogyakarta, JOGJADAILY.COM ** Ketenaran Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai slah satu kampus ungulan di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Kali ini, UGM melalui dua mahasiswanya telah menjuarai kompetisi analisis data yang diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada 11-12 Maret lalu.

Tim yang berhasil menjadi juara beranggotakan Dwi Prasetyo dan Ida Noviandasari, keduanya mahasiswa Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Mereka mendapatkan gelar juara setelah berjibaku dengan 299 tim lain dari Universitas Se Asia Tenggara. Lebih membanggakannya lagi selain juara pertama Dwi dan Ida juga memperoleh penghargaan sebagai best presentation.

Kompetisi yang mengangkat tema “Statistics Computational Analysis for Solution of Creative Industry Enhacement and Development in Southeast Asia” ini menggunakan sistem seleksi. Sebelum sampai ke babak final peserta menjalani serangkaian seleksi.

Pada tahap penyisihan seluruh tim bersaing mengerjakan soal secara online seputar deskripsi statistik dan analisis prediktif, serta keterkaitan antar variabel dalam waktu 1 minggu. Berikutnya, 30 tim terbaik maju ke semi final berkompetisi menyelesaikan soal serupa dalam waktu 3 jam.

Selanjutnya lima terbaik maju ke babak final dan mempresentasikan jawaban pada babak semi final. “Tidak menyangka bakal jadi juara mengingat persaingannya cukup ketat. Selain itu, kebanyakan peserta berasal dari prodi statistik, sementara kami dari Ilmu Komputer,” ungkap Dwi Prasetyo dikutip dari situs web resmi UGM.

Dwi Prasetyo menyebutkan prestasi yang berhasil diraih berkat dukungan fakultas dan universitas dalam membimbing dan memberikan berbagai pelatihan. Melalui Komunitas Mahasiswa TIK (KOMATIK) delegasi UGM digembleng agar siap menghadapi perlombaan.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kami dapat menjadi juara dalam kompetisi ini. Harapannya, tim UGM dapat mempertahankan gelar juara di kompetisi serupa di tahun mendatang,” tutupnya.