UGM Siapkan 2.266 Kursi untuk Sekolah Vokasi 2017

Salah satu seremoni kegiatan penerimaan mahasiswa baru di UGM (sumber: ugm.ac.id)

Yogyakarta, JOGJADAILY.COM ** Tren sekolah kejuruan juga berimbas pada meningkatnya jumlah pendaftar sekolah vokasi di Universitas Gajah Mada (UGM). Bahkan tahun ajaran 2017/2018 UGM menyiapkan 2.266 kursi untuk mahasiswa baru untuk sekolah vokasi.

Semua itu akan dibagi ke 21 program baik itu studi D III atau pun studi D IV. Dinukil dari laman ugm.ac.id, pihak UGM sudah membuka pendaftaraan sejak 13 Maret 2017 lalu.

“Mulai tanggal 13 Maret 2017 kemarin kita sudah mulai membuka pendaftaran terutama untuk penerimaan mahasiswa baru jalur penelusuran bibit unggul,” ujar Dekan sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto.

Wikan menjelaskan beberapa jalur seleksi mahasiswa baru, diantaranya Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah dan Kejuruan (PBUSMAK), Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) dan PBUB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi).

“Di luar itu kita juga mengadakan rekrutmen mahasiswa baru Sekolah Vokasi dengan cara Ujian Tulis. Gelombang pertama mengikuti Ujian Tulis Mandiri yang dilakukan UGM dan Utul kedua kita mengadakan sendiri,” katanya.

Lebih detail Wikan menjelaskan dari 2.266 mahasiswa baru yang akan diterima, sebanyak 50 persen akan diterima melalui jalur penjaringan bibit unggul. Selebihnya, akan diterima melalui ujian tulis.

Wikan menandaskan Sekolah Vokasi di masa-masa mendatang akan mengembangkan program studi D IV dan S2 Terapan. Bahkan, di tahun 2017 ini Sekolah Vokasi merancang membuka Program Studi D IV Bahasa Asing Terapan, D IV Perencanaan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan dan D IV Teknik Kemaritiman (Konsentrasi di bawah D IV Teknik Alat Berat).

Selain ketiga program studi tersebut, di masa mendatang Sekolah Vokasi UGM merencanakan pengembangan Program Studi D IV. Program studi tersebut, antara lain D IV Teknik Manufaktur, D IV Teknik Logistik (konsentrasi di bawah D IV Teknik Sipil), D IV Teknik Konstruksi Bangunan, D IV Kearsipan, D IV Rekam Medis, D IV Penilaian Properti dan D IV Manajemen Perbankan.