Desa Jatimulyo Dikukuhkan Sebagai Rintisan Desa Budaya

Desa Jatimulyo menjadi slah satu desa penghasil burung murai batu terbaik di Yogyakarta. (sumber situsburung.com/mikozawa1)

Dlingo, JOGJADAILY.COM ** Bupati Bantul, Suharsono meresmikan Desa Jatimulyo, Dlingo, Bantu sebagai Rintisan Desa Budaya. Acara yang digelar Senin (17/4/17) ini ditandai dengan bunyi-bunyian gejog lesung dan thek-thek.

Dinukil dari website  resmi Pemerintah Kabupaten Bantul, Suharsono mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk eksplorasi keragaman dan kearifan budaya lokal yang dimiliki oleh setiap daerah,

“Kami merasa bangga atas spirit kebersamaan dan kegotongroyongan warga di desa Jatimulyo. Spirit inilah yang harus terus kita kembangkan dimanapun dan sampai kapanpun serta patut dicontoh oleh desa-desa lain diseluruh Kabupaten Bantul,” bangga Suharsono.

Kegiatan Seni dan Gelar Budaya Desa Jatimulyo memiliki arti penting dan bermakna strategis dalam mupaya menjaga, melestarikan dan sekaligus mewariskan budaya kita kepada generasi penerus. Acara ini sebagai momentum terbaik pembinaan Seni Budaya dan sarana hiburan yang dapat menumbuhkan rasa memiliki masyarakat terhadap Desa Jatimulyo sebagai Desa yang memiliki kekayaan nilai budaya dan seni yang Adiluhung.

Lebih lanjut Bupati Suharsono mengajak seluruh elemen kebudayaan, seni dan pariwisata di Kabupaten Bantul untuk dapat mengembangkan peluang dan potensi daerah secara optimal.

“Gelaran acara ini saya melihat sebagai salah satu bentuk peluang untuk mengembangkan kebudayaan, seni dan pariwisata lokal yang nantinya berdampak positif bagi peningkatan perekonomian daerah, karena memiliki Multiplier Effect untuk pengembangan ekonomi kerakyatan, jelasnya..

Perbaiki Fasilitas

Sementara itu untuk mewujudkan rintisan desa budaya pembangunan fasilitas instalasi air bersih dan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) untuk keluarga miskin merupakan hal yang sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan dan meningkatkan sarana kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Kampung Jatimulyo ini terkenal dengan usaha warga membudidayakan burung murai batu sehingga sangatlah tepat disebut sebagai Kampung Murai Batu. Pembudidayaan burung murai batu ini dikelola sebagian besar warga Jatimulyo, tentu saja usaha bersama ini bertujuan meningkatkan derajat kehidupan masyarakat khususnya masyarakat yang berada di desa Jatimulyo.