Drama 3 Putaran, Akhirnya Panut Mulyono Terpilih Rektor UGM Periode 2017-2022

Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng terpilih sebagai Rektor Universitas Gajah Mada periode 2017-2022.

UGM, JOGJADAILY.COM ** Panut Mulyono akhirnya terpilih sebagai Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) periode 2017-2022 setelah melalui proses pemilihan selama empat jam, Senin (17/4/17) di Balai Senat UGM.

Panut mengungguli rekan sekaligus rivalnya Ali Agus dan Erwan Agus Purwanto melalui drama tiga babak putaran pemilihan.

“Kita telah mengikuti proses dengan baik dan mengakhiri pleno siang ini dengan hasil akhir Prof. Panut Mulyono dengan 15 suara dan Prof. Ali Agus dengan 10 suara. Dengan ini yang ditetapkan oleh Majelis Wali Amanat sebagai Rektor UGM peroide 2017-2022 adalah Prof. Panut Mulyono,” ujar Ketua Majelis Wali Amanat (MWA), Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., selaku ketua sidang seperti dikutip dari laman resmi UGM.

Sebelum dilakukan pemungutan suara, MWA memberikan kesempatan kepada tiga calon rektor untuk menyampaikan program kerja mereka masing-masing dan memaparkan program kerja dalam waktu 10 menit dilanjutkan dengan tanya jawab selama 30 menit.

Usai pemaparan program kerja, rapat pleno dilanjutkan pemungutan suara secara langsung, bebas, dan rahasia. Masing-masing anggota MWA, kecuali rektor yang sedang menjabat, memiliki hak untuk memilih satu dari tiga calon. Jumlah total suara yang diperebutkan dalam pemilihan ini adalah 25 suara dengan perincian masing-masing satu suara bagi enam belas anggota MWA selain rektor dan Menristek Dikti, serta 9 suara bagi perwakilan dari Menristek Dikti.

Drama 3 putaran

Dari yang awalnya direncanakan untuk berlangsung dalam dua putaran, pemungutan suara akhirnya harus diselenggarakan dalam tiga putaran karena adanya jumlah suara yang sama pada putaran pertama antara peringkat kedua dan ketiga.

Dalam putaran pertama, Panut Mulyono mengungguli dua calon rektor lainnya dengan 11 suara, sementara Ali Agus dan Erwan Agus sama-sama memperoleh tujuh suara. Karena itu, pleno memutuskan untuk mengadakan satu putaran tambahan untuk menentukan calon kedua yang akan maju ke pemilihan tahap terakhir bersama Panut Mulyono.

Pada putaran tambahan ini, Erwan Agus memperoleh 12 suara, sementara Ali Agus memperoleh 13 suara untuk lolos ke putaran terakhir. Dalam pemilihan akhir yang menyisakan dua calon rektor, Panut Mulyono dan Ali Agus, perolehan suara terbanyak diraih oleh Panut Mulyono yang memperoleh 15 suara, mengungguli Ali Agus yang memperoleh 10 suara.

“Saya bersyukur semuanya telah berjalan dengan baik. Untuk itu mohon doa dari Bapak Ibu sekalian agar nantinya saya bisa menjalankan amanah yang sangat berat ini, untuk kemajuan UGM, bangsa, dan negara,” ujar Panut dalam memberikan sambutan pasca terpilih sebagai rektor.

Saat ditanya tentang program kerja yang akan segera dijalankan setelah pelantikan pada bulan Mei mendatang, pria yang saat ini masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik ini menjawab bahwa ia masih akan meneruskan program-program yang sudah dirancang dan dilaksanakan oleh rektor yang menjabat saat ini, terutama terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan UGM. Selain itu, ia juga akan terus mendorong pengembangan penelitian demi meningkatkan reputasi UGM dan memperbesar kontribusi UGM bagi negara.