Genjot Produksi Ternak Kambing, Desa Girikerto Sleman Bangun Rumah Pakan Kambing Peranakan Etawa

sumber: web Pemkab Sleman

Sleman, JOGJADAILY.COM ** Demi meningkatkan kualitas susu kambing peranakan etawa (PE) di Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Sleman pemerintah daerah (Pemda) meresmikan rumah pakan klaster susu kambing PE  Kelompok Tani Ternak Mandiri di Nganggring, Girikerto. Dari 17 kecamatan di Sleman, tercatat Sembilan kecamatan memiliki populasi ternak kambing PE yang tersebar di sana.

Saat ini populasi ternak kambing PE di Kabupaten Sleman mencapai 5.994 ekor dengan produksi susu rata-rata 0,85 liter/hari/ekor sehingga dengan diresmikannya rumah pakan ini diharapkan populasi ternak kambing semakin meningkat dnegan pesat.

“Populasi ternak kambing PE dari tahun ke tahun terus bertambah, hal ini disebabkan karena minat peternak terhadap kambing PE semakin meningkat, alasan utama peternak di Kabupaten Sleman memelihara karnbing PE adalah untuk mendapatkan keuntungan dari hasil pemerahan susu disamping mendapatkan anak kambing,” harap Bupati Sleman, Sri Purnomo, dinukil dari laman resmi pemda Sleman.

Pemerintah Daerah Sleman telah menetapkan komoditas kambing PE sebagai salah satu roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDa) tahun 2014 sampai dengan 2019 bersama dengan komoditas lainnya seperti salak, bambu dan padi. Selain meningkatnya peternak dan kualitas hasil ternak kambing, rumah pakan ini diharapkan mampu menjadi tempat bersinerginya kegiatan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman.

“Saya berharap upaya pengembangan klaster susu kambing PE dapat disinergikan dengan kegiatan  yang telah diprogramkan oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, agar upaya peningkatan kesejahteraan peternak dapat terwujud secara optimal,” jelas sri.

Bahkan Sri menambahkan  dirinya tidak menutup kemungkinan untuk bekerjasama dnegan pihak lainnya juga.  Ia membuka diri untuk kerjasama dalam bidang lainnya, mengingat besarnya potensi pengembangan peternakan dan juga perikanan di Kabupaten Sleman.