Ingin Kembangkan Seni Dan Budayanya, Sleman Bentuk Dewan Kebudayaan

Sleman, JOGJADAILY.COM ** Melalui seni kota bisa dikembangkan kea rah yang lebih baik dan manusiawi. Hal inilah yang mendasari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman membentuk Dewan Kebudayaan Sleman (DKS). DKS sendiri beranggotakan 15 orang dari latar belakang yang berbeda, mulai dari akademisi, praktisi hingga pemerhati seni budaya.

DKS edisi pertama ini diketuai oleh Sumaryadi dan wakilnya Maya Syla Swagerina, keduanya dari kalangan akademisi dan memiliki masa bakti dua tahun hingga 2019 mendatang.

Dalam sambutannya Bupati Sleman, Sri Purnomo, meminta dukungan penu DKS agar bersinergi dengan dinamika dan perkembangan seni budaya yang ada di Sleman. Purnomo berharap Dewan Kebudayaan Sleman dapat menjadi mitra Pemkab dalam pembinaan, pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan potensi budaya.

“Pemkab Sleman siap menerima masukan dan kajian dari Dewan Kebudayaan sehingga Dewan kesenian harus mampu menangkap aspirasi pemangku kepentingan kebudayaan,dan menjadi katalisator potensi sendi dan budaya daerah dalam upaya pembinaan dan pengembangan seni dan budaya daerah,” jelas purnomo dikutip dari web Pemkab Sleman.

Sementara itu Ketua Dewan Kebudayaan Sleman Sumaryadi bersama anggotanya akan melaksanakan tugas yang diemban dengan baik, siap mendukung dan memberikan masukan kepada Pemkab Sleman dalam bidang pembinaan dan pengembangan seni dan budaya di Kabupaten Sleman.

Pemkab Sleman tentu saja menunggu kekukuhan Lembaga, dan kekukuhan lembaga ini ditandai dengan kemampuan lembaga dalam menterjemahkan tugas dan fungsinya serta mengimplementasikan dalam ruang dan waktu yang sesungguhnya.