Jawara di Provinsi, TK Al Azhar 38 Bantul Maju ke Tingkat Nasional Lomba Sekolah Sehat

ilustrasi lingkungan sekolah yang sehat. (sumber siapbelajar.com)

Bantul, JOGJADAILY.COM ** Setelah sebelumnya menjadi juara Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi DIY, TK Al Azhar 38 Bantul saat ini akan mewakili Yogyakarta di tingkat nasional.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Bantul, Kepala TK Al Azhar 38, Surifah menjelaskan bahwa sekolah yang ia bina selama ini bervisi sekolah yang mandiri, berkualitas Islam serta mencetak generasi yang cerdar, kreatif, dan terampil.

“Untuk program-program yang ada di sekolah ini mengacu pada trias UKS, diantaranya adalah pengukuran berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala, kegiatan P3K yang dilakukan oleh murid dan petugas UKS, pemeriksaan kebersihan gigi, kuku, rambut dan telinga yang dilakukan setiap seminggu sekali, kegiatan menyiram dan menanam tanaman, pemeriksaan kebersihan toilet yang dilakukan oleh anak serta didampingi oleh petugas UKS, serta kegiatan kerja bakti yang dilakukan seluruh warga sekolah,” papar Surifah.

Pada Selasa (18/4/17) lalu, tim penilai LSS dari pusat telah berkunjung ke TK Al Azhar 38 guna memberikan penilain. Kedatanan tim penilai selain disambut pihak sekolah juga disambut Bupati Bantul, Suharsono.

Ketua tim penilai Ni Made Diah dalam sambutannya menjelaskan bahwa TK Al Azhar 38 menjadi salah satu peserta dari 25 provinsi  seluruh Indonesia yang masuk di dalam draf penilaian dewan juri.  Tim penilai akan menilai sesuai aturan baku dari pusat agar tidak ada ketimpangan dalam standar penilaian.

“Kami sudah menyiapkan kuesioner baku dari pusat, pertama, kuesioner untuk menilai dukungan tim pembina UKS, baik provinsi, kota/kabupaten dan kecamatan dan kedua, kuesioner untuk melihat sarana dan prasarana dari masing2 sekolah, apakah mendukung hidup bersih dan sehat,” jelas Ni Made.

Lanjutnya masih ada satu kusioner lagi yang khusus ditujukan kepada kepala sekolah, kuisioner ini nantinya akan menilai Kepala Sekolah yang bersangkutan apakah memberikan dukungan kepada pelaksanakaan UKS ini.

Sebanyak 8 tim Yuri LSS Nasional yang dipimpin oleh Dr. Ni Made Diah PLD dari unit kerja Kemenkes melakukan penilaian di TK Al Azhar 38 Bantul didampingi oleh anggota tim juri yang terdiri dari unit kerja Kemendikbud, Kemenkes, dan Kemenag.

“Pemenang LSS akan ditentukan menjadi dua kategori, yaitu kinerja terbaik dan pencapaian terbaik,” tutup Ni Made.