Lapor Sleman, Aplikasi Android Ejawantah Sleman Smart Regency

Sleman, JOGJADAILY.COM ** Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman sepertinya mulai serius untuk mewujudkan kabupaten cerdas. Terbaru, Pemkab Sleman meluncurkan sistem pengelolaan dan pelayanan pengaduan lapor Sleman.

Acara peluncuran yang diresmikan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo ini juga mensosialisasikan tampilan baru untuk kanal website Pemkab Sleman di www.slemankab.go.id. Selain itu juga meluncurka publikasi melalui Location Based Advertising (LBA) di Area Bandara Adi Sutjipto.

Peluncuran Lapor Sleman diselenggarakan di rumah dinas bupati pada kemarin Senin(3/4/17). Dinukil dari laman resmi Pemkab Sleman, Sri Purnomo mengatakan Sleman menuju kabupaten cerdas sudah menjadi visi misi Sleman di tahun 2016-221.

“Terwujudnya masyarakat Sleman yang lebih sejahtera, mandiri, berbudaya dan terintegrasikannya sistem e-government smart regency pada tahun 2021,” jelas Sri.

Untuk mewujudkan Sleman Smart Regency , dilakukan dengan pengembangan dan pengelolaan berbagai sumberdaya secara efektif dan efisien, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memaksimalkan pelayanan publik serta untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa peningkatan pelayanan publik merupakan bagian dari komitmen Sleman  untuk menginplementasikan  misi Pemerintah Kabupaten Sleman , yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik  melalui peningkataan kualitas birokrasi  yang responsif.

“Masukan atau aduan tersebut dengan mengirimkan foto disertai keterangan yang dikirim  ke Lapor Sleman yang disertai titik GPS sehingga bisa diketahui  koordinat letak lokasi yang dilaporkan, sehingga sangat kecil kemungkinan untuk salah lokasi dalam penanganan,” jelas Sri.

Saat ini Sleman telah menyediakan empat kanal aduan yang secara aktif digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya. Kanal tersebut yaitu SMS aduan  ke nomor 08119525000, menu surat warga di www.slemankab.go.id, media sosial di facebook  dan twitter , dan aplikasi lapor sleman yang berbasis android di smartphone yang dapat diunduh di playstore.