Tingkatkan Produktivitas Kolam, Dinas Perikanan Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan (DPPKP) Bantul menggelar pelatihan budidaya ikan air tawar di Panggungharjo, Sewon. (sumber web Pemkab Bantul)

Sewon, JOGJADAILY.COM ** Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan (DPPKP) Bantul menggelar pelatihan budidaya ikan air tawar di Panggungharjo, Sewon pada Senin (22/5/17) kemarin.

Dinukil dari laman Pemkab Bantul, Penyuluh Perikanan Swadaya, M. Zainun Ikhsan mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara ini untuk meningkatkan ekonomi warga.

“selain itu juga mencukupi kebutuhan gizi keluarga dan menambah peluang kerja masyarakat Wijirejo Pandak,” jelas Zainun.

Budidaya ikan merupakan usaha pemeliharaan atau kegiatan produktivitas perairan yang dihasilkan oleh sekelompok atau individu dalam bentuk pembenihan, pembesaran dan pengelolaan disegala aspek akuatik.

Zainun memaparkan ikan lele yang setiap harinya menjadi konsumsi tidak akan pernah rugi karena selalu laku dan harga tetap stabil di pasaran.

Teknologi budidaya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kolam dengan cara merekayasa kontruksi kolam, ikan, pakan dan air, sehingga dalam periode tertentu mampu menampung ikan dalam tingkat kepadatan tinggi. Padat tebar tinggi yaitu penebaran benih ikan dengan tingkat kepadatan minimal 300 ekor.