Pendidikan Keluarga Disiapkan di Kulon Progo

Sosialisasi Program Pendidikan keluarga di Kulon Progo pada Senin (28/08/2017) (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo, JOGJADAILY **Tahun ini rencana pelaksanaan pendidikan keluarga di 796 satuan pendidikan di Kabupateb Kulon Progo diharapkan sudah mulai tersusun. Tersusunnya rencana tersebut akan dilanjutkan pada penyelenggaraan pendidikan keluarga pada tahun ajaran 2017/2018 oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Sumarsana, mengatakan saat ini banyak tantangan yang harus dihadapi dalam pencapaian tujuan pendidikan. Untuk itu perlu adanya strategi khusus yang dinamis, sesuai perkembangan zaman, berpegang teguh pada prinsip pendidikan dan tetap mengedepankan pemenuhan hak-hak anak.

Menurutnya usaha pencapaian tujuan pendidikan juga dibutuhkan peran orang tua dan masyarakat. Sebab masalah pendidikan bukan hanya tugas dari satuan pendidikan. Pelibatan orang tua dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan lazim disebut pendidikan keluarga.

Pada Senin (28/08/2017) telah digelar acara sosialisasi program pendidikan keluarga tahun 2017 di Gedung Aula IKIP PGRI Wates. Acara tersebut diikuti oleh 796 satuan berlangsung hingga Kamis (31/08/2017). Sosialisasi tersebut diharapkan dapat menguatkan kapasitas kepala satuan pendidikan dan unsur pendidikan terkait dalam mengimplementasikan program pendidikan keluarga.

“Selain itu juga untuk meningkatkan layanan pendidikan keluarga secara berkelanjutan dan meningkatkan mutu layanan pendidikan keluarga di masing-masing satuan pendidikan,” kata Sumarsana. Setelah adanya sosialisasi tersebut diharapkan segera tersusun rencana rencana pelaksanaan pendidikan keluarga di masing-masing satuan pendidikan di tahun ini. Satuan pendidikan yang menjadi peserta sosialisasi terdiri dari kelompok bermain, pos PAUD, satuan PAUD sejenis, taman pendidikan anak, pusat kegiatan belajar masyarakat, taman kanak-kanak, sekolah dasar dan SMP. Sosialisasi juga diikuti pengawas TK dan penilik PAUD.

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo, mengapresiasi telah terselenggaranya kegiatan sosialisasi tersebut.  “Ini sejalan dengan kebijakan Kabupaten Kulon Progo, yang telah menetapkan pendidikan karakter pada 2015 lalu. Anak-anak diberikan materi budi pakerti luhur,” kata Sutedjo, saat membuka acara sosialisasi tersebut. Kegiatan sosialisasi diisi oleh beberapa narasumber. Di antaranya adalah Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen Paud dan Dikmas Kemdikbud RI, Sukiman, Rektor IKIP PGRI Wates, Jumarin, dan sebagainya.

Leave a Reply