Sebagian Besar Sasaran di DIY Sudah Diimunisasi

Kegiatan imunisasi campak dan rubella telah dilakukan dimulai pada bulan Agustus 2017. Imunisasi akan terus dilakukan hingga akhir September 2017. (Sumber : Pemprov Yogyakarta)

Yogyakarta, JOGJADAILY.COM ** Sebanyak 650.427 anak di Yogyakarta sudah menjalani imunisasi campak dan rubella atau MR (Measles Rubella) per 13 September 2017. Total sasaran imunisasi tersebut adalah 671.863 anak.  Imunisasi akan terus berjalan di bulan ini.

Dilansir dari laman Pemprov Jogja, kegiatan imunisasi telah dilakukan dimulai pada bulan Agustus 2017. Imunisasi akan terus dilakukan hingga akhir September 2017.

Sasaran awal dari kegiatan tersebut adalah balita mulai usia 9 bulan hingga anak-anak usia 15 tahun. Imunisasi ini dilaksanakan di posyandu dan sekolah-sekolah dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga SMP/Sederajat yang menjadi sasaran di seluruh DIY.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie, data pada Agustus 2017 terdapat jumlah sasaran sekolah 4.812 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 584.740 siswa.

Adapun siswa yang sudah ter-imunisasi sebanyak 569.219 siswa atau 97,34%. Sementara sasaran yang belum terimunisasi akan terus diupayakan melalui puskesmas maupun posyandu untuk pelayanan imunisasi.

Sedangkan pada bulan September 2017 kegiatan dilakukan di posyandu seluruh DIY. Target utama kegiatan tersebut adalah anak usia balita. Total sasarannya adalah 199.201 anak. Dari sasarn tersebut, 60.871 anak telah diimunisasi sampai degan 11 September lalu.

Di sisi lain dia mengatakan pelaksanaan imunisai MR direncanakan berakhir pada September 2017. Namun sesuai hasil koordinasi Dinas Kesehatan DIY dengan puskesmas dan posyandu serta koordinasi dengan pemerintah pusat, imunisasi MR dapat dilakukan melewati bulan yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan agar imunisasi lingkungan akan berjalan dengan baik.

Dinas Kesehatan DIY berharap agar orang tua anak mendukung gerakan itu dengan mendatangi puskesmas yang berada dekat dengan rumah untuk mengimunisasikan anaknya. Menurutnya imunisasi tersebut telah terjamin untuk immune, bahkan untuk kesehatan anak dan untuk menangkal campak dan rubella.