Kabupaten Gunungkidul menuju e-Government

ilustrasi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul melaksanakan Perjanjian Kerjasama dengan Lembaga Sandi Negara RI melalui Balai Sertifikasi Elektronik. (Sumber: Pemkab Gunungkidul).

Gunungkidul, JOGJADAILY.COM ** Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul melaksanakan Perjanjian Kerjasama dengan Lembaga Sandi Negara RI melalui Balai Sertifikasi Elektronik tentang Pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada sistem eletronik di Pemkab Gunungkidul.

Seperti diberitakan laman Pemkab Gunungkidul, penandatangan kerjasama dilaksanakan di kantor lembaga sandi negara RI di Jakarta, beberapa waktu lalu. penandatanganan dilakukan oleh Kepala Balai Sertifikasi Elektronik Lemsaneg RI, Anton Setiyawan dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gunungkidul, Purnamajaya.

Perjanjian ini dilakukan guna menjaga keamanan informasi dan dokumen elektronik yang dipertukarkan dalam proses e-Government. Sehingga informasi dan dokumentasi elektronik penting tidak mudah dimanipulasi, dirusak, atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam sambutannya, Purnamajaya menyampaikan bahwa pemanfaatan sertifikat elektronik merupakan implementasi Kabupaten Gunungkidul menuju e-Government seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat.

Kerjasama dalam hal pemanfaatan sertifikat elektronik ini, kedepan digunakan untuk penyelenggaraan e-office di Kabupaten Gunungkidul, yaitu berupa tanda tangan digital pada dokumen.

Tahap awal akan dilaksanakan pada Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Kabupaten Gunungkidul dalam penerbitan dokumen perijinannya.

“Dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui sertifikat elektronik, pejabat dapat memberikan tanda tangan digital meskipun tidak berada di kantor sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat terlayani dengan cepat,” paparnya seperti dikutip situs Pemkab Gunungkidul.

Hadir mendampingi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gunungkidul pada acara penandatanganan perjanjian kerjasama ini  antara lain Kabag Pemerintahan Umum Setda Gunungkidul Drs. Azis Saleh, M.Si , Sekdin DPMPT Drs. Sabarisman,MM, perwakilan Bagian Hukum Setda Gunungkidul dan Kabid Persandian dan Statistik Diskominfo Gunungkidul Joko Hardiyanto, SP, M.Eng.

Leave a Reply