IAI DIY Dorong Pembangunan Berkelanjutan

Ketua IAI DIY Ahmad Saifudin Mutaqi melihat – lihat karya pameran arsitek di Gedung perpustakaan kampus UII jalan Kaliurang Yogyakarta. Pameran ini berlangsung dari 27-31 Februari. (Agung Rahardja)

Yogyakarta, JOGJADAILY** Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY kembali menggelar pameran karya arsitek hebat bertempat di Gedung Perpustakaan kampus UII jalan Kaliurang Yogyakarta, 27-31 Februari. Kegiatan yang terselenggara bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Profesi Arsitek UII dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) ini juga diisi seminar nasional bertema “Profesi Arsitek  dalam Keadaban Arsitektur” .

Ketua IAI DIY  Ahmad Saifudin Mutaqi, mengungkapkan pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi tinggi atas kegiatan pameran tersebut. Undang-Undang Arsitek mengamanahkan bahwa siapa yang disebut Arsitek adalah mereka yang melakukan praktek Arsitek. Ia telah mencapai kompetensinya sebagai Arsitek dan mempunyai lisensi berpraktek.

“Pameran merupakan salah satu cara elegan seorang Arsitek memperkenalkan diri kepada masyarakat, bukan beriklan. Kode Etik profesi Arsitek membimbing “promosi” seorang Arsitek dengan karya yang baik dan bermartabat,” papar dia.

Menurutnya hasil karya terpilih yang sedang dipamerkan menjadi bagian dari upaya berkelanjutan dalam ranah profesi. “Arsitek yang harus kita wujudkan bersama menuju Indonesia yang lebih baik,” katanya.

Ia mengajak kegiatan tersebut membawa pesan penting bagi para penyedia jasa konsultansi untuk bersama-sama berjuang dalam mengusahakan Indonesia dan dunia yang lebih baik melalui pemahaman yang mendalam tentang lingkungan hidup sebagai konteks perancangan di lingkungan terbangun.

Menurutnya pembangunan Indonesia merupakan tanggung jawab bersama sebagai penyedia jasa konsultansi. Arsitek, urban designer dan landscape designer sebagai penyedia jasa konsultansi adalah profesi yang mulia dan diharapkan mampu memiliki peran yang signifikan dalam pembangunan dengan tetap menjaga martabat profesi.

“Hal ini merupakan upaya berkelanjutan yang  harus kita wujudkan bersama menuju Indonesia yang lebih baik di masa depan,” ajak dia.

Rangkaian pameran karya arsitek yang dibuka oleh Rektor UII Nandang Sutrisno ini diikuti lebih dari 50 arsitek yang turut berperan.