Rental Motor, Solusi Jelajah Para Pelancong Jogja

Rental motor Jogja. (Foto: Jogja Motorent)
Rental motor Jogja. (Foto: Jogja Motorent)

Kota Yogyakarta, JOGJADAILY ** Tempat tinggal Anda jauh dari Jogja, tapi ingin serasa di rumah sendiri bila berkunjung ke Kota Gudeg? Pinjamlah sepeda motor berbayar murah. Anda akan dapat menyusuri kawasan wisata hingga puas, tanpa kesulitan berarti. Di Jogja, rental sepeda motor menemukan pasarnya.

Bagi yang suka travelling, aktivitas menyusuri gang-gang kecil tempat suvenir dijajakan langsung dari pengrajin, atau berburu sunset di bibir pantai nun jauh dari perkotaan, sangatlah berkesan dan menarik. Masalahnya, akses mendapatkan semua itu menjadi terhambat lantaran travel atau biro wisata perjalanan hanya memberi pelayanan sebatas obyek wisata yang dipesan. Praktis, berwisata pun terasa kaku dan membosankan.

Rental sepeda motor menjadi solusi yang dapat Anda coba sesekali. Dengan sedikit prosedur yang tidak rumit dan biaya yang relatif murah, Anda dapat memuaskan diri berwisata, tanpa direpotkan kendaraan umum, jadwal wisata yang dibatasi, atau pemesanan yang bertele-tele. Dengan sepeda motor, hari libur Anda akan menyenangkan.

Peluang inilah yang kemudian ditangkap beberapa pengusaha baru di Jogja. Misalnya Tumpal Pandapotan Sinambela, atau biasa disapa Bela, pemilik bisnis sewa Mandiri Motor. Usaha ini berawal dari keisengannya membuat blog dan memposting tawaran penyewaan sepeda motor. Keisengannya itu berbuah respons positif.

Pria kelahiran Pematang Siantar 21 April 1990 itu memulai usahanya di tahun 2010 dengan modal pinjaman dari orangtua sebesar Rp 39 Juta. Modal ini ia gunakan untuk membeli delapan unit motor secara kredit. Omzetnya mencapai Rp 40 juta tiap bulan. Setelah dikurangi biaya operasional, gaji karyawan, dan biaya servis rutin, keuntungan bersih Mandiri Motor mencapai Rp 9 juta tiap bulannya.

Varian sepeda motor yang disewakan Mandiri Motor beragam dengan harga sewa yang bervariasi pula. Untuk jenis motor bebek, tarif sewanya mulai Rp 45-65 ribu per harinya, sedangkan motor trail, Rp 400 ribu per hari. Sewa motor dapat dilakukan mingguan dengan harga Rp 300 ribu. Bila menginginkan sewa bulanan, besarnya Rp 900 ribu.

Berbagai kemudahan ditawarkan Mandiri Motor. Penyewa motor tinggal menelepon nomor yang tersedia di blog. Motor kemudian diantarkan. Penyewa motor tidak dikenai biaya tambahan. Konsep delivery service ini disediakan Mandiri Motor demi kepuasan konsumen.

Sebagai syarat administratif, pelanggan wajib menyiapkan kelengkapan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP). Saat motor diserahkan, pelanggan akan difoto sebagai jaminan bersama kartu identitasnya. Layanan tambahannya, Mandiri Motor menyediakan helm ber-SNI dan jas hujan sebagai kelengkapan berkendara. Peraturan tambahan, penyewa wajib memiliki SIM C dan bertanggung jawab penuh terhadap kerusakan motor.

Sementara kendala menjalani bisnis ini bukan berarti tidak ada. Misalnya, terkadang sulit menagih uang sewa dari penyewa motor. Si penyewa motor terkadang memperpanjang waktu sewa tanpa mempertimbangkan kemampuan finansial mereka untuk membayar ongkos sewa. Antisipasinya, utang tidak dapat ditoleransi. Setiap penyewa yang ingin memperpanjang masa sewanya harus menyetor uang terlebih dahulu, baru sewa kendaraan dapat diperpanjang.