DIY Menjadi Daya Tarik Kerjasama Internasional

Gubernur DIY menerima perwakilan delegasi the southtern border. (Foto: Kemendag)
Gubernur DIY menerima perwakilan delegasi the southtern border. (Foto: Kemendag)

Kota Jogja, JOGJADAILY ** DIY menjadi destinasi utama bagi Dunia Internasional dalam rangka membangun kerjasama. Daya tarik dan potensi tentu menjadi nilai utama DIY yang memicu ketertarikan asing. Setelah pada tahun 2013 lalu menjalin kerjasama dengan Kroasia dan Prancis, Kini DIY tengah menjajaki kerjasama dengan Perfecture Yamanshi Jepang.

Wakil Gubernur Perfecture Yamanashi, Hiraide Wataru menyatakan tertarik membangun kerjasama dengan Pemprov DIY. Pihaknya mengaku memilih DIY lantaran memiliki banyak kesamaan dengan Perfecture Yamanashi. Seperti diketahui DIY dan Perfecture Yamanashi sama – sama memiliki gunung api yang berstatus aktif. Seperti DIY yang tengah giat melakukan penanggulangan bencana gunung merapi, Perfecture Yamanashi juga tengah konsen melakukan kajian geologi.

Dari pertemuan yang berlangsung pada awal bulan, kedua belah pihak belum memberikan keterangan pasti terkait kerjasama yang akan dilakukan. Namun demikian Hiraide Wataru mengaku kerjasama antara Perfecture Yamanashi dengan Pemprov DIY tidak hanya kerjasama dalam bidang geologi. Pihaknya mengaku tertarik untuk menjalin kerjasama dibidang yang lain, Pendidikan, Olahraga dan Tekstil.

Meski langkah ini masih sebuah penjajakan, Hiraide Wataru mengaku puas dengan respon positif Pemprov DIY yang berkenan memberikan kesempatan bagi Hiraide Wataru untuk mengawali kerjasama ini. Hiraide Wataru menilai Perfecture Yamanashi dengan DIY mempunyai hasil kebudayaan masyarakat yang sama. Hal tersebut diyakini akan mempermudah proses kerjasama.

Hal yang sama juga disampaikan Gubernur DIY Sultan HB X, Perfecture Wataru dan DIY mempunyai kekayaan alam yang sama. Di sekitar gunung Fuji terdapat wilayah pertanian yang luas seperti halnya di DIY. Dengan modal persamaan kekayaan alam ini Sultan mengaku tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Perfecture Wataru.

Sultan menyatakan banyak hal yang bisa dipelajari dari Perfecture Wataru baik dalam bidang penanganan bencana gunung api, Pertanian hingga Tekstil. Perfecture Wataru mempunyai potensi yang bagus untuk dijadikan rekan kerjasama. DIY dapat mengambil banyak ilmu dari Perfecture Wataru, tidak hanya dalam penanganan bencana namun juga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selandia Baru Jalin Kerjasama Dengan UGM

Dalam ranah pendidikan Universitas Gadjah Mada (UGM) tengah membangun kerjasama dengan Selandia Baru. Salandia baru dengan UGM rencananya akan menjalin kerjasama dalam bidang riset sumber daya ekonomi lokal pulau terpencil di Indonesia bagian Timur.

Rektor UGM, Pratikno menjelaskan kerjasama difokuskan pada pengembangan ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat yang berada di pulau – pulau terpencil. Hasil yang dicapai adalah menurunkan tingkat kemiskinan di wilayah Pulau terpencil. Selain itu bagi pihak UGM juga mengharapkan adanya pertukaran ilmu dan pengetahuan tim ahli dari selandia baru.

Pratikno mengaku dana yang dibutuhkan untuk riset ini mencapai Rp.11 Milyar. Yang nantinya akan digunakan untuk melakukan riset awal di daerah Pulau Morotai, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara.