Masih Banyak Potensi Wisata DIY yang Belum Tereksplorasi

Pantai Kwaru Yogyakarta. (Foto: Pemburu Foto Alam WordPress)
Pantai Kwaru Yogyakarta. (Foto: Pemburu Foto Alam WordPress)

Sleman, JOGJADAILY ** Meskipun semakin banyak saja jumlah wisatawan yang berkunjung ke DIY, potensi tersebut masih dapat ditingkatkan. Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) belakangan melakukan inventarisasi foto dan video obyek wisata di DIY.

Dua obyek wisata baru yang dulu tidak dikenal, kini menjadi daerah tujuan wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan, yaitu Gua Pindul di Gunungkidul dan Pantai Kwaru di Bantul.

Beberapa obyek wisata yang menjadi sasaran inventarisasi, di antaranya wisata pantai di Gunung Kidul dan Bantul yang relatif masih alami, antara lain Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, Pantai Samas, Pantai Baron, Pantai Parangkusumo, Pantai Drini, Pantai Depok dan Pantai Ngobaran.

Selain itu, obyek wisata sejarah, di antaranya Keraton Yogyakarta, Tugu Jogja, Taman Sari, Museum Sonobudoyo, Museum Dirgantara Mandala, dan Gua Selarong, dan Benteng Vredeburg.

Wisata Belanja, di antaranya Jalan Malioboro, Pasar Tradisional Beringharjo, Ambarukmo Plaza, Pasar Klithikan Pakuncen, Kerajinan Gerabah Kasongan, Kerajinan Perak Kotagede, dan Pasar seni Gabusan.

Wisata air terjun, di antaranya Air Terjun Gedangan, Air Terjun Goa Cerme, Air Terjun Sri Gethuk, Air Terjun Tlogomuncar, Air Terjun Jogan, dan Air Terjun Curug Nglinggo.

Wisata Kuliner, di antaranya Gudeg Wijilan, Bakpia Pathuk, Peyek Tumpuk, Sate Klathak, Nasi Merah Gunungkidul, Tiwul Yu Tum Gunungkidul, dan Geplak Bantul.

Wisata Keluarga Kebun Binatang Gembiraloka, Alun-Alun Kidul, Taman Pintar, Taman Pelangi, Bukit Bintang, Kids Fun, Gumuk Pasir Pantai Samas dan parangtritis, dan Sunmor UGM.

Obyek wisata indah yang belum banyak dikenal masyarakat, di antaranya Pantai Ngungap, Pantai Jingwok, dan Pantai Banyu Tibo.