Meriahnya Kirab Budaya dan Merti Dusun Bokari Sleman

Foto: Pemkab Sleman
Foto: Pemkab Sleman

Sleman, JOGJADAILY ** Sabtu (18/10/2014), Kirab Budaya Bokari IV dilaksanakan warga Cebongan Kidul Tlogoadi Mlati Sleman. Acara cukup meriah dan mendapat sambutan hangat masyarakat. Kirab menampilkan potensi seni dan budaya warga setempat dan menampilkan gunungan hasil bumi.

Kirab diawali penampilan fragmen tari Mulo Bukane Bokari. Tari ini menggambarkan para petani yang sedang menggarap sawah dan akhirnya diserang tikus, sehingga gagal panen. Ada pula penggembala kerbau yang kehilangan kerbaunya. Namun, berkat doa dan usaha, akhirnya petani dapat kembali panen dan hilangnya kerbau dapat tergantikan dengan hasil panen yang cukup melimpah.

“Kegiatan Merti Dusun dan Kirab Budaya Bokari ini sudah dilaksanakan selama empat tahun. Dimaksudkan untuk memupuk kebersamaan, kerukunan, dan kegotongroyongan warga, dan sebagai rasa syukur aatas apa yang selama ini didapat warga, baik dari segi hasil bumi maupun kegiatan usaha lainnya yang memberikan kesejahteraan masyarakat,” ujar Tri Kuncoro, Ketua Panitia, seperti diberitakan laman Pemkab Sleman.

Ia menjelaskan, rangkaian kegiatan Merti Dusun meliputi nyadran untuk mengirim kepada arwah leluhur yang telah wafat, Jumat (17/10/2014). Dilanjutkan kenduri dan tumpengan dan pentas kethoprak Mlati Budoyo. Malam berikutnya, diadakan pagelaran wayang Kulit oleh Bayu Gito Gati. Minggu, ada pentas Jathilan Kudho Manunggal Cebongan Kidul.