Ramaikan Panggung Kesenian Sekaten 2014, Dinparbud Yogyakarta Undang Partisipasi

Pasar Malam Perayaan Sekaten di Alun-alun Utara Yogyakarta. (Foto: Zahirul Awan Photography)
Pasar Malam Perayaan Sekaten di Alun-alun Utara Yogyakarta. (Foto: Zahirul Awan Photography)

Kota Yogyakarta, JOGJADAILY ** Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) segera tiba. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara tahunan yang digelar Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memeriahkan upacara Sekaten Kraton Yogyakarta tersebut akan bertempat di Alun-Alun Utara dan berlangsung sekira satu bulan.

Acara menampilkan berbagai produk dan permainan yang dikonsep dalam kemasan Pasar Rakyat. Dengan memadukan konsep religi, budaya, dan ekonomi kerakyatan yang menjadi ruh Sekaten, Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya melakukan harmonisasi ketiganya untuk menjadikan PMPS sebagai salah satu daya tarik wisata di Kota Yogyakarta.

Pada 2014, pelaksanaan PMPS dilakukan dua kali, yaitu awal tahun yang merupakan kelanjutan akhir tahun 2013, dan akhir tahun 2014 yang akan berlanjut hingga awal 2015.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bertanggung jawab pada kepariwisataan dan kebudayaan di Kota Yogyakarta kembali berperan dalam PMPS dengan mengelola secara penuh panggung kesenian. Dinparbud Kota Yogyakarta mengundang semua komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam panggung kesenian.

Bagi masyarakat yang tertarik, bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan pendaftaran untuk semua jenis kegiatan di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Jalan Suroto 11 Kotabaru, dengan nomor telepon 0274-588025 setiap jam kerja. Pendaftaran secara otomatis akan ditutup, ketika kuota penampil telah terpenuhi.

“Panggung kesenian yang digelar selama pelaksanaan PMPS ini akan menampilkan beragam atraksi tradisi dan modern yang dikemas secara apik untuk bisa menjadi salah satu magnet PMPS, baik bagi masyarakat Yogyakarta maupun wisatawan yang hadir menyaksikannya,” ujar Kabid Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinparbud, Golkari Made Yulianto, seperti dirilis Pemkot Yogyakarta.

Ada beragam acara yang akan dikemas di panggung kesenian ini, di antaranya Pentas Anak Ceria yang menampilkan potensi seni dari TK dan PAUD. Ada pula Pentas Seni Religi yang menampilkan potensi seni musik religi, seperti hadrah, samroh, dan lainnya.

Selain itu, Pentas Seni Tradisi dan Modern meliputi tari, musik, fragmen, mulai 28 November 2014 sampai dengan 2 Januari 2015.

Pada Semarak Malam Tahun Baru 2015 pada 31 Desember 2014 menampilkan sajian musik. Parade Potensi Wilayah dilaksanakan mulai 29 November-12 Desember 2014. Parade Kethhoprak dilaksanakan 13-22 Desember 2014. Sementara Parade Band Religi Remaja dilaksanakan 23-27 Desember 2014.

One thought on “Ramaikan Panggung Kesenian Sekaten 2014, Dinparbud Yogyakarta Undang Partisipasi

Comments are closed.