SMP Sunan Averroes, Sekolah Sarat Prestasi Bernuansa Asri

SMP Sunan Averroes. (Foto: Arif Giyanto)
SMP Sunan Averroes. (Foto: Arif Giyanto)

Sleman, JOGJADAILY ** Apa yang Anda pikirkan tentang sekolah yang tak seperti pada umumnya? Barangkali Anda perlu berkunjung ke SMP Sunan Averroes. Kemungkinan, sudut pandang Anda tentang sekolah akan berubah.

Sekolah ini berada di perdesaan yang jauh dari keramaian. Sejauh mata memandang, di sekeliling gedung sekolah, menghampar area persawahan. Siswa menjadi nyaman dan tenang dalam belajar.

“Bagi orangtua yang menginginkan pembangunan karakter, SMP Averroes dapat menjadi pilihan menarik. Karena, selain diberi kesempatan tumbuh dalam nuansa alam yang tenang, visi pendidikan yang berkualitas menjadi input penting peserta didik,” ujar Marlina, seorang mahasiswi praktik ajar dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Ia menjelaskan, sekolah serupa belum tentu mudah ditemui. Rata-rata orangtua sekarang memilih sekolah dengan suasana perkotaan yang minim interaksi alam.

“Generasi sekarang menjadi semakin agresif karena pendidikan yang kurang memberi nilai-nilai penting penghargaan kepada alam. Pendidik sebaiknya dapat memberi pemahaman kepada peserta didik bahwa mereka tumbuh bersama alam. Bila alam rusak, generasinya pun akan bernasib sama,” paparnya.

Prestasi Kompetitif

Berdasarkan Ujian Nasional 2013/2014, siswa-siswi SMP Sunan Averroes lulus 100 persen, dan menjadi SMP Swasta terbaik di Kabupaten Sleman, serta menjadi SMP terbaik kedua dari 2013 SMP swasta se-DIY. SMP ini juga masuk ke dalam 16 SMP terbaik dari 519 SMP negeri dan swasta se-DIY.

Berbagai kejuaraan dimenangi para siswa-siswinya, di antaranya Juara II Kabupaten Sleman Cabang Seni Kaligrafi SMP Putri pada 2013, Juara 1 Korwil Sleman Timur Kaligrafi Putri tingkat SMP pada 2013, Juara II Korwil Sleman Timur MTtQ Putri tingkat SMP pada 2013, Juara II Korwil Sleman Timur Kaligrafi Putri tingkat SMP pada 2014, Juara III Korwil Sleman Timur Kaligrafi Putra tingkat SMP pada 2014.

SMP yang mulai dibuka pada Juli 2011 tersebut, terletak di Jalan Raya Wonosari kilometer 7,9 Sekarsuli RT 06 RW 23 Sendangtirto Berbah Sleman Yogyakarta. Yayasan penyelenggara SMP Sunan Averroes adalah Yayasan Nawesea.

SMP Sunan Averroes memadukan sains dan agama. Nama ‘Sunan’ mengindikasikan bahwa sekolah memiliki tradisi Islam lokal yang sangat kental. Sementara ‘Averroes’ menegaskan orientasi pengembangan Islam dalam konteks global. Averroes adalah nama lain tokoh Islam ternama, Ibnu Rusyd.

Kini, jumlah guru dan karyawan di SMP Sunan Averroes adalah 24 orang, dan dikepalai seorang tekun bernama Nurhidayatuloh.

Beasiswa

Siswa-siswi SMP Sunan Averroes terbilang istimewa. Mereka telah diseleksi dari segala penjuru Nusantara dengan persyaratan, memiliki nilai hasil Ujian Akhir Nasional rata-rata tujuh. Untuk 30 siswa pendaftar pertama selama 2 tahun mendapat fasilitas beasiswa dari Yudian W. Asmin Fellowship. Mereka dibebaskan biaya infak SPP, pengembangan sarana pendidik, dan infak asrama

Pada tahun ajaran 2011/2012, pendaftar berjumlah ratusan. Pada akhirnya, pengurus hanya bisa memilih 20 peserta didik yang mendapatkan beasiswa. Rencananya, Yudian W. Asmin Fellowship akan memberikan bantuan beasiswa tersebut selama tiga angkatan pertama sampai mereka lulus.

Ada lagi beasiswa dengan kriteria prestasi siswa yang dimonitoring selama 3 kali, yaitu prestasi ke-1, ke-2, dan ke-3. Mereka bebas infak uang makan selama 3 tahun.

Sekolah juga menyediakan fasilitas KPS (Kartu Perlindungan Sosial), sementara bagi siswa kurang mampu yang berprestasi mendapatkan Kartu Cerdas.