Pemkab Kulon Progo Genjot Program Listrik Gratis

Listrik Gratis - Warga Kecamatan Kokap mengikuti sosialiasi Perda yang diselenggarakan oleh Setda Kulon Progo pada Senin (30/10/2013). Pemkab Kulon Progo akan memberikan bantuan listrik gratis untuk warga kecamatan Kokap.
Listrik Gratis – Warga Kecamatan Kokap mengikuti sosialisasi Perda yang diselenggarakan oleh Setda Kulon Progo pada Senin (30/10/2013). Pemkab Kulon Progo akan memberikan bantuan listrik gratis untuk warga kecamatan Kokap.

Kulon Progo, JOGJADAILY ** Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo kini terus melakukan program perluasan listrik di sejumlah daerah di Kulon Progo. Rencananya Pemkab akan memberikan fasilitas pemasangan instalasi listrik gratis bagi warga yang hingga kini belum memasang listrik. Fasilitas tersebut diberikan untuk warga yang masuk dalam kategori tidak mampu.

Sebelumnya Pemkab telah melakukan pendataan di sejumlah wilayah pada tahun 2013. Pendataan dipusatkan di kecamatan Kokap dan Panjatan. Dua kecamatan ini dinilai masih banyak warga yang belum mampu untuk memasang instalasi listrik. Rencananya pada tahun ini, Pemkab akan segera menyelesaikan kelangkaan listrik di dua kecamatan ini.

Sementara dari hasil pendataan di dua kecamatan tersebut diketahui terdapat 250 calon penerima bantuan sambungan rumah atau rumah tangga sasaran (RTS). Di kecamatan Kokap terdapat 145 RTS dan di kecamatan Panjatan terdapat 105 RTS. Kepala Disperindag ESDM kulon progo, Niken Probo Laras menegaskan data yang diperoleh pada tahun 2013 merupakan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain bantuan pemasangan listrik gratis, Pemkab juga akan memberikan bantuan jaringan di enam dusun kecamatan Kokap. Pemkab kini tengah  mengupayakan agar wilayah tersebut segera mendapatkan bantuan listrik desa (lisdes) pada tahun 2015. Manager PLN (persero) Rayon Wates Rohadi Widodo mengatakan bantuan pemasangan listrik di kedua kecamatan ini masuk dalam program listrik gratis.

Selain memberikan bantuan secara gratis, Pemkab juga telah memberikan bekal pengetahuan terkait listrik kepada warga. Sosialisasi telah dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada warga terkait hak dan kewajiban RTS. Pemkab juga membekali warga dengan memberikan pengetahuan dasar listrik, standar layak operasi (SLO), serta pengelolaan listrik secara aman dan legal.

Niken menjelaskan pada tahun 2014, Pemkab Kulon Progo mendapatkan alokasi 250 sambungan listrik ke rumah. Memanfaatkan kesempatan ini, Pihaknya bertekad untuk memberikan bantuan listrik gratis untuk pihak yang dinilai sangat pantas untuk menerima bantuan. Niken berharap nantinya proses ini akan berjalan dengan baik dan tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Perkuat Jaringan Listrik

Sejalan dengan program Pemkab kulon progo, PLN distribusi DIY dan Jawa Tengah berencana membangun empat gardu induk. Pembangunan tersebut diharapkan dapat memperkuat sistem kelistrikan dan memfasilitasi penyambungan konsumen.

Deputi manajer komunikasi dan bina lingkungan PLN Jateng – DIY Supriyono mengatakan saat ini ada 11 perusahaan masuk daftar calon pelanggan potensial PLN. Sejumlah perusahaan tersebut mengajukan penyambungan listrik berdaya 533,5 MVA.  Pihaknya juga mengaku untuk wilayah Jateng dan DIY masih sangat membutuhkan pembangkit baru.