Pemprov DIY Kebut Pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto

Pelabuhan Tanjung Adikarto - Bupati Kuln Progo Hasto Wardoyo bersama anggota DPD RI, GKR Hemas melakukan kunjungan diarea pelabuhan, Kamis (9/1/2014). Pemprov DIY menargetkan pembangunan pelabuhan tanjung adikarto rampung pada tahun 2015. (Foto: Pemkab Kulon Progo).
Pelabuhan Tanjung Adikarto – Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo bersama anggota DPD RI, GKR Hemas melakukan kunjungan diarea pelabuhan, Kamis (9/1/2014). Pemprov DIY menargetkan pembangunan pelabuhan tanjung adikarto rampung pada tahun 2015. (Foto: Pemkab Kulon Progo).

Kulon Progo, JOGJADAILY ** Pemerintah Provinsi DIY akan segera menyelesaikan pembangunan pelabuhan tanjung adikarto Kulon Progo. Rencananya pelabuhan baru ini akan mulai dioperasikan selambat – lambatnya pada tahun 2015. Langkah tersebut dilakukan menyusul visi DIY untuk mengembangkan sektor maritim sebagai basis ekonomi rakyat.

Pembangunan pelabuhan tanjung adikarto sudah mencapai tahap akhir. Kini pembangunan tengah difokuskan untuk membangun pemecah ombak (breakwater). “Pelabuhan tanjung adikarto masih dalam penyelesaian akhir, Pemerintah akan terus menyelesaikan pembangunan tersebut.” Ungkap Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan DIY Suwarman Partosuwiryo, Jumat (7/11/2014).

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo menerangkan bahwa operasionalisasi pelabuhan tanjung adikarto tinggal menunggu penyelesaian proses pembangunan pemecah ombak dan pengerukan pasir dermaga. “Apabila dua tahap penyelesaian tersebut sudah dilewati maka pelabuhan telah siap digunakan.” Ungkap Hasto, Selasa (21/10/2014).

Pemerintah DIY akan menggunakan pelabuhan tanjung adikarto sebagai pelabuhan berskala modern yang menunjang aktivitas eksport tangkapan hasil laut. Sementara Pelabuhan Sadeng akan difungsikan sebagai pelabuhan tradisional dengan pangsa pasar lokal. “Kedua pelabuhan tersebut akan saling bersinergi dan diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dari sektor kelautam.” Tutur Suwarman.

Poros Maritim

Pembangunan sektor kelautan telah lama direncanakan oleh Pemerintah Provinsi DIY. Pembangunan Pelabuhan tanjung adikarto kulon progo adalah salah satu upaya pemerintah provinsi DIY dengan Pemkab Kulon progo dalam mewujudkan DIY sebagai poros maritim. “Visi Gubernur DIY adalah among tani menjadi dagang layar, hal tersebut diwujudkan dengan pengembangan pelabuhan di selatan DIY.” Jelas hasto wardoyo.

Pelabuhan tanjung adikarto diharapkan menjadi basis ekonomi kelautan khususnya untuk masyarakat selatan DIY. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana X bertekad untuk menjadikan laut sebagai sumber mata pencaharian masyarakat selatan DIY. Pihaknya berharap laut selatan menjadi halaman depan bagi masyarakat pesisir.

“Arti penting among tani dagang layar adalah merubah pola pikir petani agar laut selatan dijadikan halaman depan, bukan menggeser para petani untuk menjadi pelaut, namun justru untuk penguatan among tani, yakni sebagai petani agro bisnis seperti pada masa kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Ungkap Sri Sultan Hamengku Buwana X seperti dilansir laman resmi Pemprov DIY.

Pemerintah DIY akan terus melakukan pengembangan infrastruktur laut selatan. Dua sektor among tani dan dagang layar dipercaya akan menjadi kombinasi yang baik untuk memajukan tingkat perekonomian DIY. “konsep agromaritim telah terbukti mampu menjadi fondasi ekonomi, Kerjaan Majapahit dan Sriwijaya telah berhasil menerapkan konsep tersebut untuk memajukan perekonomian rakyat.” Tegas Staf ahli Kementerian Kebudayaan, Djoko Dwiyanto seperti dilansir laman resmi Pemprov DIY.