Bupati Optimis Kulon Progo Bakal Jadi Magnet Investasi

Perekonomian Kulon Progo - Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo saat menerima daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) tugas pembantuan tahun 2015, Selasa (16/12/2014). Hasto Optimis Kulon Progo akan menjadi daya tarik para investor pada tahun mendatang. (Foto: Pemkab Kulon Progo)
Perekonomian Kulon Progo – Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo saat menerima daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) tugas pembantuan tahun 2015, Selasa (16/12/2014). Hasto Optimis Kulon Progo akan menjadi daya tarik para investor pada tahun mendatang. (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo, JOGJADAILY ** Belakangan Kulon Progo menjadi perhatian banyak pihak. Pasalnya, Di wilayah barat Provinsi DIY ini tengah dilangsungkan pembangunan sejumlah mega proyek dengan nilai yang cukup besar. Merespon kondisi ini, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengaku nilai investasi kulon progo akan terus mengalami peningkatan. Tidak luput, Investasi maritim akan menjadi modal besar Kulon Progo.

Setidaknya ada empat mega proyek yang tengah berlangsung di Kulon Progo. Yakni proyek pembangunan bandara internasional, Pelabuhan tanjung adikarto, Pertambangan pasir besi, Dan kawasan industri sentolo. Empat mega proyek ini diyakini akan menggugah minat investor ke Kulon Progo. Bahkan Hasto tidak tanggung – tanggung menyebut Kulon Progo sebagai magnet investasi.

Kawasan Kulon Progo yang berdekatan dengan laut menjadi modal utama untuk meningkatkan daya saing kulon progo di dunia investasi belakangan ini. “Kulon Progo mempunyai daya saing yang baik karena dekat dengan kawasan – kawasan strategis baik di dalam maupun luar DIY,” Tegas Hasto beberapa waktu lalu.

Hasto mengaku, Pembangunan bandara internasonal yang kini tengah berlangsung akan meningkatkan minat investasi. Meski tiga mega proyek lainya juga bakal menjadi daya tarik investor masuk Kulon Progo. “Kulon Progo memiliki daya saing investasi yang baik dengan kehadiran proyek pembangunan bandara internasional,” Imbuhnya.

Perekonomian Kulon Progo semakin menggeliat dengan ditetapkanya kecamatan sentolo menjadi kawasan industri. Hasto mengatakan Sentolo menjadi salah satu kawasan yang potensial untuk pusat bisnis, Karena letaknya yang strategis.

Bahkan Hasto optimis, Geliat investasi Kulon Progo akan meningkatkan perekonomian DIY pada masa mendatang. “Kulon Progo memiliki daya saing yang pesat dengan modal proyek bandara, Pelabuhan, Dan pertambangan, Kulon Progo akan menjadi salah satu penopang perekonomian DIY. Katanya.

Senada dengan Hasto, Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) DIY Tavip Agus Riyanto. Pihaknya mengaku tahun depan perekonomian DIY akan meningkat. “Pada gelaran investing Jogja 2014 menunjukkan minat sejumlah investor untuk berinvestasi di DIY,” Tuturnya, Rabu (17/12/2014).

Tingginya minat investor ke DIY dipengaruhi oleh pembangunan proyek bandara yang kini berlangsung di Kulon Progo. Sejumlah kawasan yang berdekatan dengan bandara bakal menjadi sasaran para investor.“Banyak investor yang tertarik menanamkan modal di Kulon Progo,” Imbuh Tavip.

Keberadaan Bandara baru di Kulon Progo diyakini akan menyumbang pertumbuhan perekonomian Kulon Progo dan DIY. “Bandara Internasional Kulon Progo akan menyumbang tujuh persen pertumbuhan perekonomian Kulon Progo, Sedangkan DIY sendiri diperkirakan akan berkontribusi sebesar enam persen,” Pungkas Tavip.

Investasi Maritim

Proyek pembangunan pelabuhan tanjung adikarto disinyalir akan menjadi salah satu poros invetasi maritim yang menggembirakan. “Bila dilihat saksama, Pemprov DIY mulai concern pada ekonomi maritim. Jelas merupakan derivasi visi Gubernur, Among Tani Dagang Layar. Memutar kemudi ke arah visi maritim mulai determinan dan diyakini sebagai penggerak perekonomian utama Jogja,” Ungkap Ketua Asosiasi Fiskal Indonesia (AFI) DIY Arif Giyanto pada Jogjadaily.com beberapa waktu lalu.

Sejalan dengan Arif, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Suryo Bambang Sulisto mengatakan investasi Indonesia mulai bergerak ke sektor maritim. Selain sejalan dengan visi Presiden Jokowi, Poros Maritim. Pembangunan sejumlah pelabuhan yang tengah berlangsung menjadi pemicu investor.

Suryo mengaku, Ada sejumlah investor asing yang kepincut sektor maritim Indonesia. “Singapura adalah salah satu negara yang tertarik dengan sektor maritim kita, Mereka menyampaikan niat untuk berpartisipasi pada investasi maritim Indonesia,” Tutur Suryo.

Lanjut Suryo, Singapura tengah melakukan penjajakan untuk investasi di Indonesia. Didampingi Kadin para pelaku bisnis Singapura bakal melakukan kunjungan di beberapa daerah potensial di Indonesia. “Mereka sangat serius, Dan ini akan menjadi kunjungan rutin,” Kata Suryo.