Asah Keterampilan, Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Jajaki Kerjasama dengan DIY

10 Program PKK - Kepala BPPM DIY Kristiana Swasti menyerahkan cinderamata kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Dewi Indriyanti Rano Karno. (Foto: Pemprov DIY)
10 Program PKK – Kepala BPPM DIY Kristiana Swasti menyerahkan cinderamata kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Dewi Indriyanti Rano Karno. (Foto: Pemprov DIY)

Kota Jogja, JOGJADAILY ** Tim penggerak PKK Provinsi DIY berhasil meraih prestasi tingkat nasonal dengan ditetapkanya sebagai provinsi terbaik dalam melaksanakan 10 program PKK dalam bidang pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA). Terkait hal ini, Tim PKK penggerak Provinsi Banten mengunjungi Jogja beberapa waktu lalu.

Seperti dilansir situs resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY, Tim penggerak PKK Provinsi Banten datang bersama Ketua Dewi Indriyati Rano Karno yang secara resmi diterima Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Setda DIY Kristiana Sawati. Wakil Ketua II Tim penggerak PKK Provinsi DIY Tuti Purwani turut mendampingi pada acara yang berlangsung di pracimosono, Kepatihan Jogja.

Dewi Indriyati menjelaskan kedatangnya bersama timp penggerak PKK Provinsi Banten ini dalam rangka mempererat hubungan kedua daerah, namun pihaknya mengaku disamping itu. Tim penggerak PKK Provinsi Banten ingin mengenal lebih dalam dan ingin belajar terhadap keberhasilan PKK DIY dalam melaksanakan 10 program PKK, yakni dalam bidang pemanfaatan tanaman boat keluarga.

Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk ssaling tukar menukar informasi program pembangunan untuk saling mengisi kekurangan sehingga dapat membantu kelancaran pelaksanaan pembangunan yang sedang dilakukan Pemerintah menjadi lebih baik lagi.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana X dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan kepada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat desa Setda DIY Kristiana Swasti menyatakan terimakasinya karena memilih jogja sebagai pilihan kunjungan provinsi Banten. Pihaknya berharap pertemuan ini bermanfaat bagi kedua pihak.

Lanjut Sultan menegaskan keberhasilan PKK DIY didasari filosofi Hamemayu Hayuning Bawono, sebagai cita – cita luhur mewujudkan tata nilai kehidupan masyarakat di Jogja yang berdasarkan nilai budaya. Dimana hakekat budaya adalah hasil karya cipta, rasa dan karsa yang diyakini masyarakat sebagai sesuatu yang benar dan bermanfaat.

10 Program PKK

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DIY GKR Hemas melalui sambutan resminya yang disampaikan Tuti Purwani mengatakan bukti keberhasilan PKK DIY melalui 10 program PKK yakni ditandai dengan bukti nyata diterimanya berbagai penghagaan dan hadiah dari Pemerintah Pusat dalam berbagai perlombaan setiap tahunya.

Pihaknya mengaku setiap daerah mempunyai kekurangan dan kelebihan, sehingga pemberdayaan masyarakat dari bawah dalam mengisi pembangunan melalui 10 program PKK di DIY telah memperlihatkan keberhasilanya. Namun kegiatan ini perlu terus ditingkatkan dan ditumbuhkembangkan lagi di masyarakat.

Sebelumya PKK DIY telah mengembangkan setiap rumah dalam program pengembangan tanaman obat sekaligus mengolah sendiri tanaman tersebut. Bahkan di desa ngestiharjo, kasihan Bantul setiap rumah telah memiliki kebun TOGA. Di bantul warga telah mampu mengolah tanaman ini menjadi obat, dan kini setiap RT telah memiliki kotak obat sendiri.