Dorong Pemberdayaan Lokal, Pemkab Sosialisasikan Peluang Investasi Kulon Progo

Investasi Kulon Progo - Sosialisasikan potensi daerah, Pemkab Kuon Progo gela talk show, Senin (5/1/2015). Pemkab terus melakukan upaya untuk menarik para investor.
Investasi Kulon Progo – Sosialisasikan potensi daerah, Pemkab Kuon Progo gela talk show, Senin (5/1/2015). Pemkab terus melakukan upaya untuk menarik para investor.

Kulon Progo, JOGJADAILY ** Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo bertekad untuk melakukan percepatan investasi pada tahun 2015 ini. Untuk menarik para investor Pemkab akan menggelar talk show bertajuk “peluang investasi Kulon Progo”, Acara ini akan diselenggarakan pada senin (5/1/2015) di gedung kaca pukul 09:00 WIB.

Kulon Progo memiliki empat mega proyek besar yang diyakini akan memicu pertumbuhan investasi daerah. Kepala Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Agung Kurniawan menjelaskan acara ini dimaksudkan untuk member nformasi kepada investor dan calon investor tenang potensi dan peluang investasi di Kulon Progo.

Bandara Kulon Progo adalah salah satu proyek terbesar yang diprediksi memiliki peluang besar untuk menarik para investor. “Acara ini juga memberi wawasan yang labih luas kepada masyarakat umum terhadap potensi bandara baru di Kulon Progo,” Ujar Agung seperti dilansir laman resmi Pemkab Kulon Progo, Jum’at (2/1/2015).

Selain memaparkan potensi investasi terhadap mega proyek yang kini tengah berlangsung seperti pembangunan bandara, Pelabuhan tanjung adikarto, Pertambangan pasir besi dan kawasan industry sentolo. Pemkab juga akan meyakinkan investor terkait citra Kulon Progo sebagai daerah yang aman.

“Acara seperti ini bisa menjadi sarana meningkatkan citra Kabupaten Kulon Progo sebagai daerah tujuan investasi yang kondusif dan prospektif, Serta sarana sosialisasi strategi dan kebijakan investasi Kulon Progo,” Ungkap Agung.

Dalam acara ini Pemkab dan Pejabat SKPD juga memberikan waktu khusus setelah talk show berlangsung. Audiensi ini ditujukan agar pelaku usaha atau investor dapat berinteraksi secara langsung sehingga dapat lebih detail mengenai investasi yang diinginkan.

Pada acara ini, Pemkab telah mengundang 220 peserta yang terdiri dari investor, UMKM, SKPD dan peserta yang mendaftar secara sukarela. Keynote speaker dalam acara ini adalah Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, Beserta beberapa narasumber seperti Tommy Soetomo (Direktur utama PT Angkasa Pura), Mudrajat Kuncoro (Guru besar FE UGM) dan Gonang Djuliastono (Ketua KADIN DIY).

Potensi lokal

Kulon Progo menjadi destinasi investasi prospektif, Karena berdekatan dengan wilayah – wilayah strategis. Seperti laut dan bandara. Potensi ini diyakini akan meningkatkan daya saing inevstasi lokal. “Kulon Progo mempunyai daya saing yang baik karena dekat dengan kawasan – kawasan strategis baik di dalam maupun luar DIY,” Tegas Hasto Wardoyo beberapa waktu lalu.

Perekonomian Kulon Progo semakin menggeliat dengan ditetapkanya kecamatan sentolo menjadi kawasan industri. Hasto mengatakan Sentolo menjadi salah satu kawasan yang potensial untuk pusat bisnis, Karena letaknya yang strategis.

Bahkan Hasto optimis, Geliat investasi Kulon Progo akan meningkatkan perekonomian DIY pada masa mendatang. “Kulon Progo memiliki daya saing yang pesat dengan modal proyek bandara, Pelabuhan, Dan pertambangan, Kulon Progo akan menjadi salah satu penopang perekonomian DIY. Katanya.