Kunjungi Perbukitan Menoreh, Presiden ADB Dukung Pembangunan Infrastruktur

Infrastruktur Pertanian - Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Takehiko Nakao didampingi Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo saat mengunjungi perbukitan menoreh, Rabu (14/1/2015). ADB mendukung pembangunan infrastruktur jalan di menoreh.
Infrastruktur Pertanian – Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Takehiko Nakao didampingi Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo saat mengunjungi perbukitan menoreh, Rabu (14/1/2015). ADB mendukung pembangunan infrastruktur jalan di menoreh. (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo, JOGJADAILY ** Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Takehiko Nakao mendukung pembangunan infrastruktur di menoreh kulon progo. Sebelumnya Takehiko Nakao telah melakuan kunjungan pada Rabu (14/1/2015) dengan di damping Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo.

Dalam lawatanya ini Takehiko Nakao mengunjungi waduk sermo di kokap dan petani di ngento pengasih. Pihaknya menilai pembangunan waduk sermo sebagai proyek yang berhasil sehingga dapat dijadikan model untuk membangun proyek – proyek selanjutnya.

Takehiko Nakao mengaku ADB mendukung pembangunan infrastruktur, khususnya infrastruktur yang berhubungan dengan infrasrtuktur maritime dan mendukukng sektor energy. Seperti di menorah Takehiko Nakao menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur jalan supaya pertanian dan perekonomian di wilayah ini jalan.

“Meski finansisal ADB terbatas, namun dengan kerjasama yang baik antara ADB dengan Pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten kami dapat menggunakan proyek – proyek infrastruktur yang berhasil seperti ini sebagai model proyek selanjutnya,” Tutur Takehiko Nakao.

Sebelumnya Takehiko Nakao telah melakukan pembahasan tentang ketahanan pangan dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beberapa waktu lalu. “ Kami juga membahas tentang rencana membangun 49 waduk baru di seluruh Indonesia, kami membantu dana sebesar 18 triliun untuk infrastruktur ,” Katanya.

Setelah melihat kondisi pertanian di Kulon Progo, Pihaknya mengaku pentingnya memperbaiki saluran irigasi dan pembangunan waduk dalam rangka memperbaiki kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Takehiko Nakao yakin dengan proyek irigasi ini petani dan masyarakat dapat meningkatkan produktivitas pertanian, seperti padi, cabai dan jagung.

Swasembada Pangan

Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo mengaku Pemkab Kulon Progo mendukung program Pemerintah swasembada pangan dalam jangka waktu tiga tahun. Kulon Progo memiliki potensi besar untuk memajukan program Pemerntah ini.

Sutedjo mengatakan saat ini di Kulon Progo masih ada lahan yang jika ada pembangunan irigasi masih bisa ditingkatkan produktivitasnya, sehingga dapat mencetak sawah lahan baru dan akan mengakomodasi pembangunan waduk mini.