Maksimalkan Pelabuhan, Pemkab Kulon Progo Berencana Bangun Power Plant di Tanjung Adikarto

Tenaga Listrik - Pemkab Kulon Progo Berencana untuk membangun power plant di wilayah pelabuhan tanjung adikarto. (Foto: Dinas Kelautan dan Perikanan DIY)
POWER PLANT – Pemkab Kulon Progo Berencana untuk membangun power plant di wilayah pelabuhan tanjung adikarto. (Foto: Dinas Kelautan dan Perikanan DIY)

Kulon Progo, JOGJADAILY ** Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo berencana untuk membangun stasiun energi atau LNG. Rencana ini muncul setelah Pemkab melihat potensi pelabuhan tanjung adikarto yang dapat dimaksimalkan, Disamping fungsinya sebagai tempat mendaratkan ikan saja. Kini Pemkab tengah mengupayakan rencana pembangunan pembangkit listrik tersebut.

Dengan beroperasinya pelabuhan tanjung adikarto, Pemkab menilai bukan tidak mungkin pembangunan power plant atau pembangkit listrik dapat dilakukan. Bahkan Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo menyayangkan apabila Pelabuhan tanjung adikarto hanya difungsikan sebagai tempat mendaratkan ikan saja.

Pembangunan power plant di Kulon Progo diyakini dapat menjadi solusi kelangkaan energi pada masa mendatang. Apalagi mengingat Jawa Tengah dan DIY masih sangat kekurangan power plant. Perairan di wilayah DIY juga dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan gas di Kulon Progo.

“ Harapan kami, Pelabuhan ini tidak sekedar hanya untuk mendaratkan ikan saja. Tetapi kalau DIY dan Jawa Tengah belum memiliki power plant, apakah tidak lebih bagus, perairan di wilayah DIY ini untuk mendatangkan gas di Kulon Progo, dan power plant dibangun di Kulon Progo sehingga pelabuhan tanjung adikarto tidak hanya digunakan untuk mendaratkan ikan saja,” Kata Hasto, Sabtu (10/1/2015).

Hasto menjelasakan power plant dibutuhkan seiring dengan pertumbuhan ndustri di Kulon Progo yang tengah mengalami kemajuan. Seperti pabrik pasir besi, berbagai pabrik besar di kawasan sentolo. Dan kedepan kebutuhhan listrik Kulon Progo akan semakin meningkat dengan beroperasinya bandara.

Bahkan Pemkab Kulon Progo telah menyediakan lahan khusus untuk pembangunan power pant ini. “ Power plant sangat penting, kami menyediakan lahan seluas 50 hektare untuk berbagai pabrik dikawasan pelabuhan tanjung adikarto,” Ungkap Hasto.

Investor

Seiring dengan pembangunan sejumlah mega proyek di Kulon Progo seperti Pelabuhan dan Bandara, Sejumlah pihak meyakini akan banyak investor yang masuk ke Kulon Progo. Hal ini dipicu oleh potensi yang kini berangsur mulai nampak.

Hasto mengaku berharap ada investor yang tertarik untuk membangun power plant di Kulon Progo. “Pemkab Kulon Progo sangat berharap pelabuhan tanjung adikarto segera beroperasi dan ada investor power plant yang akan membangun perusahaan di Kulon Progo,” Harap Hasto.

Kawasan Kulon Progo yang berdekatan dengan laut menjadi modal utama untuk meningkatkan daya saing kulon progo di dunia investasi belakangan ini. “Kulon Progo mempunyai daya saing yang baik karena dekat dengan kawasan – kawasan strategis baik di dalam maupun luar DIY,” Tegas Hasto beberapa waktu lalu.