Pertama di Indonesia, UGM Raih Akreditasi Internasional Berlabel IchemE

Jurusan teknik kimia FT UGM meraih akreditasi internasional dari IchemE.(23/12/2014). Prestasi ini diharapkan dapat memperluas jaringan FT UGM di ranah internasinal.
Jurusan teknik kimia FT UGM meraih akreditasi internasional dari IchemE.(23/12/2014). Prestasi ini diharapkan dapat memperluas jaringan FT UGM di ranah internasional. (Foto: UGM Press)

Kota Jogja, JOGJADAILY ** Institutions Of Chemical Engineers (IchemE) memberikan akreditasi pada jurusan teknik kimia FT UGM pada desember lalu. IchmE merupakan lembaga akreditasi pendidikan tinggi teknik kimia yang berada di London. IchemE ini termasuk salah satu lembaga yang menjadi standar mutu internasional dalam bidang teknik kimia.

Prestasi ini menjadikan UGM sebagai perguruan tinggi pertama yang memperoleh akreditasi internasional dari IchemE. Seperti dikutip dari laman resmi UGM, Ketua jurusan teknik kimia UGM, Fahrurrozi mengatakan dengan diperolehnya prestasi ini, Program S1 jurusan teknik kimia UGM dapat disejajarkan dengan program teknik kimia di sekolahan – sekolahan ternama dunia.

Akreditasi ini diharapkan dapat membuka peluang dan jaringan jurusan teknik kimia UGM di tingkat global. Hal tersebut dapat berdampak pada peningkatan daya saing lulusan yang akan menjadi insinyur – insinyur kimia handal dalam pasar kerja global.

Lanjut Fahrurrozi, Akreditasi internasional ini menjadi tanggung jawab jurusan untuk memastikan lulusanya mempunyai kualifikasi yang diterima secara internasional.

Sementara untuk mendapatkan akreditasi ini, UGM harus menunggu waktu selama tiga tahun untuk mengikuti proses tahap evaluasi secara menyeluruh dan terus menerus melakukan perbaikan dari aspek kurikulum, Sumber daya maupun safety culture yang menjadi pokok penilaian IchemE.

Kurikulum Standar Internasional

IchmE menilai jurusan teknik kimia FT UGM telah memiliki kurikulum standar internasional dengan menganut outcome based education (OBE). IchemE juga melakukan penilaian terhadap kompetensi yang dicapai mahasiswa setelah melakukan proses pembelajaran. “Mahasiswa dituntut untuk menguasai kompetensi teknis wajib dan success skill agar siap bersaing di dunia kerja,” Ujar Fahrurrozi.

Sekretaris bidang riset, Kerjasama dan alumni jurusan teknik kimia FT UGM, Wiratni Budhijanto mengatakan tiga orang asesor dari IchemE kagum dengan hal – hal unik yang dipandang khas sebagai keunggulan jurusan teknik kimia FK UGM.

Setidaknya ada tiga hal yang dinilai bagus oleh IchemE, Yang pertama adalah program kuliah kerja nyata yang dinilai sangat bagus dalam mengasah kemampuan engineering dan kesadaran tentang sustainable development. Kedua adalah terkait dengan ujian komprehensif sebagai ujian kematangan pemikiran engineering sebelum mahasiswa lulus. Dan yang terakhir adalah ide mahasiswa dalam menyelenggarakan event tahunan National Safety Competition yang dipandang sangat efektif dalam mengkampanyekan budaya safety dikalangan mahasiswa.