Sensasi Maritim Ala Kebun Binatang Gembiraloka

NUANSA LAUT - Seorang pengunjung tengah menikmati suasana danau buatan di tengah Kebun Binatang Gembiraloka. (Foto: Arif Giyanto)
NUANSA LAUT – Seorang pengunjung tengah menikmati suasana danau buatan di tengah Kebun Binatang Gembiraloka. (Foto: Arif Giyanto)

Kota Yogyakarta, JOGJADAILY ** Bukan hanya terkenal karena pantai indah yang berjejer sepanjang Pantai Selatan, Jogja juga memiliki panorama maritim di tengah kebun binatang Gembiraloka.

Seperti turut mempromosikan sejumlah destinasi pantai eksotis di Jogja, kebun binatang ini juga memperkenalkan kemaritiman sejak dini. Ya, sekian banyak pengunjung Gembiraloka didominasi siswa-siswi sekolah berikut para orangtua pengiring.

Setelah masuk pintu utama, turunlah melalui tangga lumayan tinggi menuju danau mini yang disulap bak lautan. Tak hanya dermaga lengkap dengan pengaturan pintu masuk dan keluar penumpang, sejumlah speed boat dan katamaran tampak sandar menunggu para pengunjung yang hendak berkeliling danau buatan tersebut.

Berbeda dengan destinasi pantai yang rata-rata diminati kaum muda dan dewasa serta membutuhkan pengawasan ekstra, danau kecil Gembiraloka yang dipenuhi anak-anak relatif aman karena ombak, angin, dan sinar mataharinya terasa sejuk di tengah hutan kota yang rindang. Namanya juga danau buatan.

Di tengah danau mini berdiri bangunan resto dan kafe, serupa replika kapal pesiar yang diperuntukkan bagi penikmat kuliner Jogja. Resto ini menyatu dengan dermaga sandar speed boat. Resto dibangun beberapa tingkat. Sebagian pengunjung memanfaatkannya untuk menggelar acara komunitas atau keluarga besar.

Apabila tertarik berkeliling danau menaiki katamaran, Anda hanya dikenakan Rp10 ribu per orang. Sementara bila ingin mengeksplorasi adrenalin dengan berngebut ria di atas air, speed boat hanya berbayar Rp20 ribu.

Sebuah speed boat berkecepatan tinggi meluncur di atas perairan danau buatan kebun binatang Gembiraloka Jogja. (Foto: Arif Giyanto)
Sebuah speed boat berkecepatan tinggi meluncur di atas perairan danau buatan kebun binatang Gembiraloka Jogja. (Foto: Arif Giyanto)

Seharian berkeliling tak akan membuat Anda kepanasan seperti di pinggir pantai sungguhan. Anda juga dapat beralih pada koleksi ikan, reptil, burung, penguin, dan aneka satwa menarik. Setiap sudut kebun binatang disediakan tempat duduk bersedikit dan berbanyak untuk istirahat sementara para pengunjung.

Tidak ada penjual asongan. Bila Anda menginginkan sedikit belanja keperluan, di sekitaran danau terdapat kios-kios makanan yang ditata apik. Terlebih, kebersihan lingkungan yang menjadi prioritas semakin membuat Anda dan keluarga enggan beranjak pulang. Di sana-sini, banyak tempat sampah dalam berbagai bentuk, untuk memastikan kebersihan kebun binatang.

Among Tani Dagang Layar

Samudera Hindia tengah diupayakan Pemprov DIY menjadi ‘halaman depan’ dengan menempatkan Kabupaten Kulonprogo sebagai bagian penting Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Program MP3EI ini berupa Kawasan Industri yang termasuk dalam Koridor Delapan seluas 3.500-3.700 hektare. Mega proyek meliputi Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarta, Bandara Internasional, Kawasan Agropolitan dan Minapolitan, Kawasan Wisata Maritim, Kawasan Industri Baja, dan Pelabuhan Samudera untuk memfasilitasi transportasi ekspor produk-produk hasil industri.

Pengembangan kawasan selatan sekaligus mewujudkan visi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X ‘Among Tani Dagang Layar’. Strategi budaya perekonomian untuk membangun peradaban berbasis daratan ke maritim dengan menggali keunggulan lokal berupa teknologi.