Tingkatkan Pendapatan Nelayan, Pemda DIY-LAPAN Tanda Tangani Kesepakatan Bersama

TINGKATKAN PENDAPATAN - Dua kapal Inka Mina DIY tahun 2012 tampak sedang sandar. Pemda DIY kini tengah berupaya meningkatkan pendapatan nelayan dengan melibatkan LAPAN. (Foto: DKP DIY)
TINGKATKAN PENDAPATAN – Dua kapal Inka Mina DIY tahun 2012 tampak sedang sandar. Pemda DIY kini tengah berupaya meningkatkan pendapatan nelayan dengan melibatkan LAPAN. (Foto: DKP DIY)

Kota Yogyakarta, JOGJADAILY ** Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkomitmen meningkatkan pendapatan nelayan dan produktivitas tangkapan ikan di laut selatan. Potensi besar pantai sepanjang 113 kilometer tersebut belum dioptimalkan.

Demikian disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menandatangani kesepakatan bersama antara Pemda DIY dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasioanal (LAPAN) tentang pemanfaatan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa untuk mendukung program pembangunan di DIY.

“Saya berharap, kerja sama ini dapat berhasil meningkatkan pendapatan nelayan, serta meningkatkan produktivitas tangkapan ikan di laut selatan pantai DIY yang membentang sepanjang 113 kilometer, di mana saat ini potensi besar tersebut belum dapat dioptimalkan,” ujar Sultan, Kamis (12/2/2015), di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan.

Sebagai tindak lanjut, dilakukan pula penandatanganan perjanjian kerja sama tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tentang pemanfaatan sains dan teknologi untuk mendukung pengembangan teknologi kelautan dan perikanan DIY antara Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat LAPAN Agus Hidayat dengan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Andung Prihadi Santosa.

Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin mengatakan, kerja sama dengan DIY merupakan kerja sama pertama dengan daerah.

“Dalam kerja sama ini antara lain akan dikembangkan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) kemaritiman dan perikanan tangkap berbasis satelit yang berfungsi sebagai penginderaan lingkungan maritim dan potensi kelautan selatan DIY,” terang Prof Thomas.

Tingkatkan SDM Nelayan

Dalam waktu dan tempat berbeda, Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY Suwarman Partosuwiryo mengatakan, persaingan pasar ikan akan semakin sengit dengan dibukanya pasar bebas ASEAN 2015. Untuk itu, Pemda DIY terus meningkatkan kemampuan nelayan DIY.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY telah melakukan penyuluhan dan pendampingan terhadap sejumlah Nelayan yang tersebar di beberapa wilayah di DIY. Selain penyuluhan, DKP mengadakan beberapa pelatihan, yakni pelatihan ahli nautika kapal penangkap ikan (ankapin), navigasi, praktik magang, dan pengelolaan pascapenangkapan ikan.

Menurut Suwarman, pelatihan dan pendampingan akan meningkatkan daya saing produksi usaha skala kecil. Dengan Program pengembangan SDM Nelayan diharapkan kualitas dan jumlah hasil tangkapan ikan bertambah. Selain meningkatkan kemampuan SDM Nelayan, DKP juga terus mengembangkan infrastruktur perikanan, seperti pengadaan kapal.