Tingkatkan Pelayanan Daerah Perbatasan, Kulon Progo-Purworejo Tanda Tangani Kesepakatan

DUA PEMKAB - Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo dan Bupati Purworejo Mahsun Zain melakukan penandatanganan kesepakatan di Balai Desa Somongari, Kaligesing, Purworejo, Kamis (19/3/2015). (Foto: Pemkab Kulon Progo)
DUA PEMKAB – Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo dan Bupati Purworejo Mahsun Zain melakukan penandatanganan kesepakatan di Balai Desa Somongari, Kaligesing, Purworejo, Kamis (19/3/2015). (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Kaligesing, JOGJADAILY ** Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bersama Pemerintah Kabupaten Purworejo bersepakat untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, terutama di daerah perbatasan, berupa kerja sama bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Dirilis Pemkab Kulon Progo, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo dan Bupati Purworejo Mahsun Zain melakukan penandatanganan kesepakatan di Balai Desa Somongari, Kaligesing, Purworejo, Kamis (19/3/2015).

Agenda prioritas yang dibahas terkait infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan. Tujuan kesepakatan adalah meningkatkan dan mengembangkan sumberdaya dan kapasitas institusi Pemkab Purworejo dan Pemkab Kulon Progo melalui berbagai program dan kegiatan yang saling menguntungkan.

Ruang lingkup kesepakatan bersama meliputi pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, penataan ruang, perhubungan, sosial, ketenagakerjaan, koperasi dan usaha kecil menengah, penanaman modal, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, serta pemerintahan umum.

Jalan tembus yang dibangun menghubungkan Tlogoguo Kaligesing dengan Jatimulyo Girimulyo serta Jalan Jatirejo Kalirejo Purworejo dengan Teganing Hargotirto Kokap.

Selanjutnya, Kulon Progo dan Purworejo sama-sama menjadi kabupaten yang belum dinyatakan eliminasi malaria, padahal, 2015, Pemerintah Pusat menargetkan, Pulau Jawa bebas malaria.

Bagi pengguna Jamkesda, warga Kulon Progo dapat berobat ke Purworejo, pun sebaliknya. Perhitungannya akan diklaim lewat Dinas Kesehatan. Hal serupa berlaku pula untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, berterimakasih kepada Bupati Purworejo dan masyarakat yang mendukung keberadaan bandara di Kabupaten Kulon Progo.

“Kami optimis, bandara akan bisa terealisasi dengan baik. Apalagi dapat dukungan kuat dari Purworejo. Dan kami harap sekali kerja sama dengan Purworejo melalui MoU yang sudah ditandatangani, untuk kemudian dilaksanakan secara bersama-sama dalam rangka membangun apa saja, termasuk di bidang transportasi,” kata Bupati Hasto.

Kulon Progo-Magelang

Beberapa waktu lalu, Bupati Hasto juga berkunjung ke Bupati Magelang untuk membicarakan kerja sama koneksitas infrastruktur jalan. Jalan Bedah Menoreh yang menyambung hingga Magelang menjadi prioritas, agar transportasi dari Magelang menuju bandara lebih lancar.

Selain itu, rencana pembangunan juga diarahkan pada jembatan di sebelah Jembatan Duwet, karena satu sisi di wilayah Kulon Progo, sementara sisi lainnya di wilayah Magelang.

Kedua Pemkab tertarik membahas kerja sama pengembangan perkebunan teh. Kulon Progo memiliki pabrik teh dan bisa dimanfaatkan lebih optimal oleh masyarakat Kulon Progo dan sebagian masyarakat Magelang di lereng Menoreh yang wilayahnya potensial, seperti Kecamatan Salaman dan Borobudur.