31 Mei 2015, Lomba Rally Photo Pemkot Yogyakarta Angkat Eksotisme Kotagede

EKSOTIS - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta akan menggelar Lomba Rally Photo bertema ‘Eksotisme Kotagede’, Minggu (31/5/2015), pukul 08.00. (Foto: Kotagede Istimewa WordPress)
EKSOTIS – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta akan menggelar Lomba Rally Photo bertema ‘Eksotisme Kotagede’, Minggu (31/5/2015), pukul 08.00. (Foto: Kotagede Istimewa WordPress)

Kotagede, JOGJADAILY ** Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta akan menggelar Lomba Rally Photo bertema ‘Eksotisme Kotagede’, Minggu (31/5/2015), pukul 08.00.

Tradisi rekam, terutama dalam bidang kebudayaan, diharapkan menjadi gerakan sosial di tengah kemajuan teknologi. Lomba Rally Photo diharapkan menggerakkan keistimewaan Yogyakarta, bukan hanya jargon budaya, tetapi juga aktivitas budaya di seluruh elemen masyarakat, sehingga berdampak pada upaya bersama, meningkatkan pariwisata Kota Gudeg.

Dirilis Pemkot Yogyakarta, Ketua Dewan Juri adalah Agus Leonardus, seorang fotografer andal, profesional, dan banyak berkecimpung dalam skala nasional. Ia tinggal di Yogyakarta, bahkan menjadikan kota ini sebagai referensi latar artistik dalam setiap karyanya.

Start dan finish akan dilakukan di Sekar Kedaton Kotagede Yogyakarta. Dalam kompetisi ini, para peserta harus berjalan menyelusuri destinasi Kotagede, sekaligus menjawab 35 pertanyaan di sepanjang jalur lomba melalui kamera.

Lomba dibuka pada 25 April-25 Mei 2015. Calon peserta dapat mendaftarkan diri dengan datang langsung ke Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, di Jalan Suroto No. 11 Kotabaru, Yogyakarta.

Acara dimeriahkan hiburan menarik dan pembagian doorprize oleh sponsor. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp20 juta. Biaya pendaftaran peserta Rp100 ribu dengan fasilitas t-shirt, snack, id-card, produk sponsor, dan sebagainya.

Eksotisme Kotagede

Selain terkenal dengan sebutan Kota Gudeg dan Kota Pelajar, Yogyakarta dikenal sebagai Kota Seni dan Budaya. Julukan ini tidak berlebihan, karena banyak seniman besar yang menghasilkan karya-karyanya dari Yogyakarta, atau minimal pernah sekolah di Yogyakarta. Selain bertabur seniman, Yogyakarta sering kali mengadakan festival budaya.

Atas fakta itu, penting kiranya melestarikan pesona budaya Kota Yogyakarta, melalui berbagai aktivitas kebudayaan.

Salah satu wilayah menarik sebagai referensi pariwisata di Yogyakarta adalah Kotagede. Tempat ini pernah menjadi pusat Kerajaan Mataram Islam, cikal bakal Kota Yogyakarta. Kotagede juga bertaburan situs bersejarah indah sekaligus menjadi salah satu kekuatan eksotisme kebudayaan.

Belum lagi geliat ekonomi kreatif, semisal kerajinan perak yang tidak pernah tergantikan di tempat mana pun, sekaligus daya pikat penambah eksotisme Kotagede.