Angkat Optimalisasi Asuransi Nelayan, UNY Juarai LKTI Coastal Planning Planopolis

ASURANSI NELAYAN - Tim UNY Juarai LKTI Coastal Planning Planopolis di ITS Surabaya, mengangkat asuransi nelayan untuk DIY. (Foto: Humas UNY)
ASURANSI NELAYAN – Tim UNY Juarai LKTI Coastal Planning Planopolis di ITS Surabaya, mengangkat asuransi nelayan untuk DIY. (Foto: Humas UNY)

Surabaya, JOGJADAILY ** Banyak nelayan saat ini yang masih berada di bawah garis kemiskinan dan tidak adanya penjamin kehidupan untuk masa depan mereka. Untuk itulah, asuransi nelayan perlu dikembangkan. Hal tersebut juga merespons visi Indonesia Poros Maritim Dunia yang dicanangkan pemerintah.

Adalah Tim Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terdiri dari Shilvina Widi Irsanti (Pendidikan Ekonomi 2013), Eryan Dwi Susanti (Pendidikan Ekonomi 2013), dan Ahmad Agung Masykuri (Pendidikan Geografi 2013). Mereka berhasil meraih Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Coastal Planning Planopolis yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Planologi ITS Surabaya.

Pada ajang bergengsi ini, Tim UNY mengangkat karya berjudul ‘Optimalisasi Asuransi Nelayan Pengentas Kemiskinan Mewujudkan Indonesia Mandiri di Pesisir Pantai Yogyakarta’.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang merupakan event dua tahunan tersebut mengangkat tema ‘Perencanaan Pesisir Berkelanjutan’ dengan subtema ‘Reklamasi Pantai, Minapolitan, Pengelolaaan Sumberdaya Pesisir, Waterfront City, Ekonomi Pantai, dan Mitigasi Bencana Pesisir’.

Final LKTI Coostal Planing Planopolis ITS 2015 diselenggarakan Sabtu (18/4/2015) di Gedung Robotika ITS Surabaya.

Ketua Tim UNY, Shilvina Widi Irsanti, menyampaikan syukurnya atas prestasi ini, meski menjadi satu-satunya tim yang mengangkat tema sosial kebijakan ekonomi pesisir. Sebagian besar peserta mengangkat tema teknologi.

“Alhamdulillah, walaupun tim kami mengangkat tema sosial kebijakan ekonomi pesisir pada akhirnya kami bisa menang. Kami bisa membuktikan bahwa latar belakang disiplin ilmu bukan merupakan halangan bagi kami untuk terus berkarya,” tuturnya, dirilis Humas UNY.

Kompetisi diikuti 10 finalis dari perguruan tinggi di Indonesia, seperti ITB, ITS, UGM, UNY, dan IPB. Tim UNY berhasil meraih juara I, disusul Institut Teknologi Surabaya (ITS) sebagai Juara II, dan Juara III diraih Universitas Gadjah Mada (UGM).

Selain kegiatan ini, rangkaian acara dalam Coastal Planning yaitu Plan Expo, Pameran Tugas Akhir PWK ITS, Coastal Planning Videography dan Photography, Amazing Race Nasional, serta Mading 3D SMA/SMK se-Jawa Timur.