Dukungan Terus Membesar untuk Program KKN UGM #KitaMorotai

CERIA - Siswa-siswi SD Pulau Morotai tengah berpose bersama. (Foto: #KitaMorotai)
CERIA – Siswa-siswi SD Pulau Morotai tengah berpose bersama. (Foto: #KitaMorotai)

Sleman, JOGJADAILY ** #KitaMorotai, sebuah komunitas yang concern pada bidang pendidikan di Kepulauan Morotai, ternyata tidak sendirian. Beberapa dukungan datang dari Project Move On Moment, Sagu Maluku, Book Drive for Morotai, dan Journesia.

Fokus utama komunitas yang diinisisasi KKN mahasiswa UGM pada Juli 2015 nanti adalah aksi nyata berkelanjutan, dengan memberikan supply buku dan membangun rumah baca sebagai aksi memajukan pendidikan di Kepulauan Morotai.

Dukungan pertama datang dari Project Move On Moment, sebuah kegiatan yang diinisiasi mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung. Dalam project ini, partisipan cukup memberi donasi sebesar Rp25 ribu dalam membantu kemajuan pendidikan Morotai. Tersedia e-certificate dan gelang Move On Moment bagi yang telah berpartisipasi dalam project.

Kerja sama lain, Sagu Maluku (Sinergitas Gerakan Muda Maluku). Mereka mengeluarkan buku berjudul Antologi Cerpen Inspiratif. Seluruh hasil keuntungan penjualan diberikan kepada #KitaMorotai untuk membantu pendidikan Morotai.

Buku ini berisi 15 cerpen inspiratif dari 15 penulis muda tentang perjalanan mereka memperjuangkan gerakan sosial di Indonesia. Dengan hanya Rp50 ribu dapat langsung melakukan pemesanan online.

Selanjutnya, Book Drive for Morotai, salah satu kegiatan dari Organization of Humanity, merupakan pengumpulan buku yang disalurkan untuk menunjang pendidikan di Morotai melalui #KitaMorotai. Book Drive for Morotai berlangsung dari 23 Maret 2015 hingga 21 Mei 2015.

“Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman dari komunitas dan organisasi lain yang mau ikut berpartisipasi dalam program komunitas kami di Morotai. Buku-buku yang terkumpul sudah banyak sekali, baik yang di Jogja maupun di Jakarta,” ujar Ketua Komunitas #KitaMorotai, Fajar Sidik Abdullah, kepada Jogja Daily, Sabtu (11/4/2015).

Meski demikian, menurut Fajar, untuk donasi masih sangat minim.

“Kami sangat berusaha mencari mitra untuk mensponsori kegiatan kami, membangun rumah baca di Morotai, dan juga program pemberdayaan masyarakat. Semoga sebelum bulan Juli nanti dana yang dibutuhkan dapat terkumpul,” harapnya.

Dukungan keempat, Journesia Book Project, bekerja sama dengan #KitaMorotai sebagai media partner. Journesia membantu sounding #KitaMorotai agar gerakan semakin dikenal dan banyak yang berpartisipasi.

Sebagai kontraprestasinya, #KitaMorotai akan memberikan gambar-gambar liputan langsung selama melaksanakan kegiatan di Morotai pada Juli 2015 nanti.

“Semoga dengan kerja sama-kerja sama di atas, #KitaMorotai bisa mengajak semakin banyak orang untuk berpartisipasi dalam memajukan pendidikan di Morotai,” pungkas Fajar.

Kontak

Untuk Project Move On Moment, Anda dapat menghubungi Gaby di nomor 081222365454, ID Line: gabykalalo, BBM: 5252EA1F, Instagram: moveonmoment.

Pemesanan buku Sagu Maluku melalui http://nulisbuku.com/books/new_book/6737/antologi-cerpen-inspiratif. Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi Aris di nomor 085311482100.

Bagi yang ingin menyumbangkan buku bisa langsung menuju selasar timur FISIPOL UGM dari jam 09.00 hingga 15.00. Partisipator akan mendapat free souvenir dan free ramalan tarot. Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Dyah di nomor 089509944106.