Gregorius Sri Nurhartanto, Rektor Baru Universitas Atma Jaya Yogyakarta

REKTOR BARU - Pelantikan Rektor baru UAJY, Gregorius Sri Nurhartanto, Selasa (31/3/2015), di Auditorium Kampus II, Thomas Aquinas, Babarsari, Yogyakarta. (Foto: Humas UAJY)
REKTOR BARU – Pelantikan Rektor baru UAJY, Gregorius Sri Nurhartanto, Selasa (31/3/2015), di Auditorium Kampus II, Thomas Aquinas, Babarsari, Yogyakarta. (Foto: Humas UAJY)

Babarsari, JOGJADAILY ** Setelah melalui berbagai tahapan dan mengungguli empat kandidat rektor lain, Gregorius Sri Nurhartanto berhasil terpilih menjadi Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) periode 2015-2019.

Dirilis Humas UAJY, Gregorius terpilih menggantikan Rogatianus Maryatmo yang telah habis masa jabatannya per 31 Maret 2015. Rektor berkarya pada 1 April 2015 hingga 31 Maret 2019.

“Terpilihnya rektor baru UAJY ini merupakan keberhasilan seluruh sivitas akademika UAJY, di mana sejak awal setiap prosesnya berjalan secara demokratis dengan menjunjung tinggi aspek kapabilitas dari masing-masing kandidat,” ujar Rektor baru UAJY dalam sambutannya.

Keberhasilan tersebut, menurut Gregorius, tentu akan memudahkan UAJY untuk bersinergi dengan institusi pendidikan tinggi maupun institusi-institusi publik lain.

“Sedangkan ke dalam, keberhasilan ini diharapkan akan semakin mampu memantapkan langkah akselerasi UAJY di segala bidang,” tegasnya.

Pelantikan rektor diselenggarakan Selasa (31/3/2015) di Auditorium Kampus II, Thomas Aquinas, Babarsari, Yogyakarta.

Acara dihadiri sejumlah tamu undangan dari berbagai kalangan, antara lain Yayasan Slamet Riyadi Yogyakarta, Dinas Pendidikan DIY, Rektor di kalangan PT dan PTS DIY, Koordinator Kopertis Wilayah V, Ketua Majelis Ulama Indonesia Yogyakarta, perwakilan Lanud Adi Sutjipto, Perwakilan Polda DIY, Kapolsek Depok Barat, Pemda Bantul, Pemda Kulon Progo, dan Ketua Komisi Yudisial RI.

UAJY, Kampus Swasta Papan Atas Jogja

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah V, Bambang Supriyadi, mengatakan, setiap tahun UAJY menunjukkan peningkatan jumlah mahasiswa. Tak mengherankan apabila keadaan ini telah berhasil menempatkan UAJY pada posisi 8 besar PTS di DIY (dari 107 PTS) dengan jumlah peserta didik di atas 10 ribu mahasiswa, serta masuk kategori 44 kampus (dari 3000 PTS) se-Indonesia dengan jumlah mahasiswa terbesar.

“Dibutuhkan akselerasi perkembangan di segala bidang di UAJY, termasuk penambahan dosen-dosen baru,” ucap Bambang.

Ketua Yayasan Slamet Riyadi Yogyakarta, Y. Andi Trisyono, menegaskan arti pentingnya trilogi Three I’s dalam menapaki proses akselerasi tersebut. Three I’s yang dimaksud adalah Impression (kesan), Inspiring (inspirasi), dan Improvement (peningkatan).

“Bahwa hendaknya tiap anggota komunitas UAJY selalu mampu membangun kesan, inspirasi, dan peningkatan bagi diri sendiri, lembaga, bangsa, dan negara,” jelasnya.