Hari Otda 2015, Kota Yogyakarta Raih Penghargaan Kinerja Terbaik 2013 Kategori Pemkot

PEMKOT TERBAIK - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, memberikan penghargaan pada 10 Pemkot dengan kinerja terbaik selama 2013, pada Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah di Jakarta, Kamis (27/4/2015). (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)
PEMKOT TERBAIK – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, memberikan penghargaan pada 10 Pemkot dengan kinerja terbaik selama 2013, pada Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah di Jakarta, Kamis (27/4/2015). (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Jakarta, JOGJADAILY ** Hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) kategori Pemerintah Kota yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Pemerintah Kota Yogyakarta Kota merupakan satu dari 10 Kota yang mendapat penghargaan kinerja terbaik penyelenggaraan Pemerintah Daerah tahun 2013.

Penghargaan diserahkan pada peringatan Hari Otonomi Daerah tahun 2015. Penilaian dilakukan oleh tim khusus, melibatkan 10 instansi kementerian dan lembaga pemerintah.

“Setelah menilai berdasarkan sejumlah paramater penyelenggaraan pemerintah daerah (Pemda) dan pelayanan publik yang ada, Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota dinilai memiliki kinerja terbaik,” ujar Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, pada Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah yang digelar di Jakarta, Kamis (27/4/2015).

Dirilis Humas Pemkot Yogyakarta, penghargaan diberikan setelah Kemendagri mengevaluasi Laporan Pertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2013.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Titik Sulastri, mengungkapkan, prestasi tersebut merupakan hasil kerja sama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan seluruh masyarakat Kota Yogyakarta.

“Kebersamaan masyarakat dan Pemkot mampu menciptakan penyelenggaraan otonomi daerah yang baik, dan akhirnya mengantarkan Kota Yogyakarta meraih penghargaan terbaik dalam hal penyelenggaraan otonomi daerah,” tuturnya.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, menambahkan, penghargaan tersebut di samping akan memberikan kepercayaan diri atas kinerja Pemkot Yogyakarta, juga akan dijadikan tantangan ke depan bagi pihaknya agar selalu meningkatkan kualitas kinerja dan mempertahankannya untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Ini merupakan keberhasilan seluruh masyarakat Kota Yogyakarta, karena selama ini masyarakat Kota Yogyakarta telah mendukung dengan baik semua kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Pemkot. Selama itu pula seluruh jajaran pegawai Pemkot Yogyakarta telah melaksanakan kinerjanya dengan baik dalam melayani masyarakatnya,” ucap Walikota.

Ia berharap, dengan penghargaan tersebut akan selalu menjadi motivasi Pemkot Yogyakarta dan masyarakat agar dapat meningkatkan dan mempertahankan dukungan terhadap program yang dilaksanakan pemerintah.

Program 100-0-100

Pemerintah Kota Yogyakarta kini memang tengah menindaklanjuti program 100-0-100, yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu. Program menargetkan 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan pemukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak, dalam lima tahun ke depan.

Dalam menjalankan program, Pemkot Yogyakarta melakukan pendekatan melalui metode ABCG, yakni pendekatan akademisi, bisnis, community, dan government.