Konjen RRT Ingin Dirikan Lembaga Kebudayaan Tiongkok di Yogyakarta

ERAT - Komisaris Jenderal RRT, Yu Hong, saat bertemu dengan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, di Balai Kota Yogyakarta, Senin (31/3/15). (Foto: Jia Xiang)
ERAT – Komisaris Jenderal RRT, Yu Hong, saat bertemu dengan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, di Balai Kota Yogyakarta, Senin (31/3/15). (Foto: Jia Xiang)

Kota Yogyakarta, JOGJADAILY ** DIY memiliki banyak daya tarik, di antaranya sekolah dan universitas yang ada. Selain itu, potensi pariwisata dengan aneka pernik budaya beserta seniman yang ada.

“Dengan demikian, ke depannya, diharapkan ada komunikasi yang intens di antara masyarakat Tiongkok dalam bidang kebudayaan dan pariwisata,” ujar Konsul Jenderal RRT (Republik Rayat Tiongkok), Yu Hong, saat bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Selasa, (31/3/2015).

Konjen Yu memperkenalkan diri atas ketugasan barunya sebagai Konjen yang berkantor di Surabaya. Yogyakarta termasuk dalam wilayah Kerjanya.

Kepada Sultan, Yu Hong berjanji akan lebih banyak mendorong masyarakat Tiongkok untuk bisa berkunjung ke Yogyakarta dengan pesona budaya dan kesenian yang nantinya bisa berkembang menjadi hubungan lebih erat.

Hal ini dibuktikan dengan keinginan banyak pelajar Tiongkok mempelajari bahasa Indonesia sebelum mereka berkunjung ke Yogyakarta. Bahkan ia ingin mendirikan pusat pendidikan dan lembaga kebudayaan Tiongkok di Yogyakarta.

Sultan menyambut baik kedatangan Komjen RRT. Ia berharap, Lembaga Kebudayaan Tiongkok di Yogyakarta dapat membawa kebudayaan Tiongkok. Sebaliknya, akan ada Lembaga kebudayaan Yogyakarta di Tiongkok yang membawa misi budaya Yogyakarta.

“Hal itu dapat berfungsi secara privat antara semuanya, baik masyarakat di kedua daerah, budayanya, maupun senimannya,” tutur Gubernur DIY, seperti dirilis Humas DIY.

Dengan hubungan tersebut, sambungnya, masyarakat akan berinisiatif dengan cara saling tukar pameran lukisan misalnya. Masing-masing keluarga bisa terlibat kerja sama. Selain itu, dapat pula berkembang menjadi kolaborasi budaya, produk kesenian, atau makanan khas yang ada.

Kunjungi Pemkot Yogyakarta

Konjen Yu juga bertemu dengan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, di Balai Kota Yogyakarta, Senin (31/3/15).

Menurut Haryadi, warga Tiongkok yang berwisata di Yogyakarta cukup banyak. Selain itu, hubungan antara Kota Yogyakarta dengan Tiongkok sangat baik. Beberapa kota di Tiongkok, antara lain Kota Kumming dan Sanghai, telah menjalin kerja sama dengan Yogyakarta.

Dilansir dari Jia Xiang, selain membuka konsulat di Surabaya, Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia juga membuka kantor di Medan dan Bali. Yu Hong menuturkan, tidak menutup kemungkinan, suatu saat akan dibuka konsulat di Yogyakarta.