Kunjungi Yogyakarta, Kadin Aures Batna Aljazair dan Kadin DIY Sepakati Kerja Sama

KUNJUNGAN KADIN AURES - Kadin Aures Batna Aljazair berkunjung ke Yogyakarta. Rombongan diterima Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Danurejan, Jumat (17/4/2015), pukul 09.00. (Foto: Humas DIY)
KUNJUNGAN KADIN AURES – Kadin Aures Batna Aljazair berkunjung ke Yogyakarta. Rombongan diterima Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Danurejan, Jumat (17/4/2015), pukul 09.00. (Foto: Humas DIY)

Kota Yogyakarta, JOGJADAILY ** Sesuai rencana, Delegasi Kadin Aures Batna Aljazair pun berkunjung ke Yogyakarta. Rombongan diterima Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Danurejan, Jumat (17/4/2015), pukul 09.00.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penanda tanganan kerja sama oleh Ketua Kadin Aures Batna Aljazair, Abdel Kadir Toumi, dan Kadin DIY, Ganang Djuliastono, disaksikan Gubernur masing-masing. Kerjasama tersebut termaktub dalam MOU mengenai pengembangan hubungan kerja sama ekonomi, perdagangan, budaya, dan pariwisata.

Dirilis Humas DIY, Kadin Aures mengemukakan kegembiraanya karena sambutan hangat Gubernur DIY beserta jajarannya. Mereka mengemukakan keinginannya untuk bekerja sama dengan Pemerintah DIY.

Menurut mereka, rakyat Aljazair tidak akan pernah lupa pada bantuan Presiden RI pertama, Soekarno. Ketika itu, Bung Karno secara tidak langsung ikut serta berkontribusi pada mulainya Revolusi Aljazair, sebelum mendapatkan kemerdekaan. Hal tersebut mendasari keinginan Aljazair tetap menjaga hubungan baik dengan Indonesia.

Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap, tidak hanya diadakan kerja sama ekonomi dan sosial, tetapi dapat mengembalikan hubungan kedua negara yang dahulu telah terjalin baik, sehingga dapat meningkatkan kerja sama, demi pengabdian terhadap negara masing-masing.

Untuk memperkenalkan dan melihat potensi kerja sama bidang perindustrian dan ekonomi yang dapat dikembangkan, KADIN Aures Batna Aljazair mengunjungi sentra industri di wilayah Yogyakarta, antara lain Pabrik Gula Madukismo, perusahaan mebel, eksportir, dan usaha jejamuran.

Asia-Africa Business Summit

Dilansir dari KBRI Alger, delegasi direncanakan berwisata ke Candi Borobudur dan Candi Prambanan, serta berwisata ke Pulau Bali.

Selain itu, delegasi dijadwalkan mengikuti Asia-Africa Business Summit di Jakarta dan melakukan pertemuan dengan Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal, Badan Pengembangan Penanaman Modal (BKPM) Indonesia di Jakarta, terkait iklim dan peluang investasi di Indonesia.

Sebagai informasi, setiap tahun, diselenggarakan festival musik internasional di Aljazair. Banyak tokoh musik dan grup musik dari Eropa dan Arab diundang untuk mengikuti festival tersebut. Di sektor pertanian, Provinsi Batna merupakan penghasil apel dan aprikot terkemuka di Aljazair.

Indonesia merupakan mitra Aljazair, sejak negara tersebut belum meraih kemerdekaan. Konferensi Asia-Afrika di Bandung 1953 menjadi saksi sejarah persaudaraan Aljazair dan Indonesia yang dibentuk oleh perjuangan kemerdekaan.