Pameran Potensi Daerah dan Gelar Budaya Sleman 2015 Peringati Hari Jadi Sleman ke-99

Pameran Potensi Daerah Kabupaten Sleman 2014. (Foto: Ririekhayan.com)
Pameran Potensi Daerah Kabupaten Sleman 2014. (Foto: Ririekhayan.com)

Sleman, JOGJADAILY ** Menyemarakkan peringatan Hari jadi Kabupaten Sleman ke-99 tahun ini, Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) akan menyelenggarakan Pameran Potensi Daerah dan Gelar Budaya Sleman 2015 selama 10 hari di Kompleks Gedung Serbaguna Denggung, 24 April 2-15 sampai dengan 3 Mei 2015.

Pameran dan gelar budaya dengan tema ‘Penguatan Keragaman Budaya dan Potensi Ekonomi Lokal untuk Wujudkan Kemandirian dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015’ tersebut mendekatkan dan mengenalkan potensi ekonomi dan keragaman budaya dari 17 kecamatan, produk UKM, swasta, dan Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman, serta berpotensi besar menjadi event tujuan wisata.

Dirilis Pemkab Sleman, Pameran Potensi Daerah dan Gelar Budaya Kabupaten Sleman Tahun 2015 menampilkan dan mengenalkan berbagai kegiatan budaya dan seni tradisional dari 17 Kecamatan di Kabupaten Sleman, serta mengekspose potensi hasil karya siswa Sleman.

Stan yang disediakan sebanyak 239 menyajikan informasi kebijakan Pemerinah Kabupaten Sleman, display dan penjualan produk hasil UKM dan hasil pertanian, potensi dan karya siswa, serta sajian atraksi gelar budaya dan seni 17 kecamatan yang dimeriahkan dengan berbagai lomba dan festival seni siswa.

Ketua BPPS, Jono Lesmana, sebagai penyelenggara menjelaskan bahwa kemasan pameran dan gelar budaya kali ini dikemas berbeda bertujuan adalah memberikan kenyamanan bagi pengunjung maupun peserta pameran dan gelar budaya.

“Kepesertaan kecamatan dalam pameran yang biasanya tiap kecamatan hanya membuka 2 stand, kali ini dari 17 kecamatan rata-rata membuka 3 sampai dengan 4 stand. Dengan demikian, stand kecamatan akan mempunyai ruang lebih sebagai media display potensi-potensi desa dari wilayah kecamatan tersebut,” ujar Jono.

Layout pintu masuk utama berada pada sisi utara Lapangan Denggung menghadap ke timur, dan pintu pendukung ada berada pada sisi selatan ruas Jalan Turgo. Untuk dapat memberikan kenyamanan bagi penonton dan pengisi acara gelar budaya, layout panggung budaya berada di depan Gedung Kesenian Sleman menghadap ke timur

Enam Zona

Stand akan dibagi dalam 6 zona yakni stand zona A (Gedung Serbaguna) sebanyak 33 unit . Zona ini diperuntukan bagi PerusahaanSwasta, Instansi Pemerintah, BUMN/BUMD, Perbankan, Perguruan Tinggi, Penerbit, toko buku, dengan kontribusi Rp1.750.000 per unit.

Zona B (lingkungan parkir Gedung Serbaguna) sebanyak 53 unit. Sebanyak 30 stand untuk binaan Dikpora berupa Stand Pendidikan dengan nilai kontribusi khususRp13.500.000. Sebanyak 20 stan digunakan untuk stan instansi pemerintah di luar pemkab Sleman @ Rp900 ribu (instansi luar Sleman), Stand UKM Sleman binaan pemkab Sleman @Rp750 ribu, non binaan/mandiri Rp900 ribu UKM dari luar pemkab Sleman Rp900 ribu. Sebanyak 3 stan untuk perusahaan otomotif (tanpa fasilitas tenda) @Rp3 juta.

Stand zona C (Jalan Turgo) sebanyak 62 unit untuk stand instansi pemerintah, kecamatan, desa, swasta dan UKM dengan kontribusi Stand Instansi Pemkab Sleman dan dari luar Pemkab Sleman Rp850 ribu, Stand UKM Pemkab Sleman @ Rp1 juta, Stand Perusahaan non-otomotif dan perbankan @ Rp1 juta.

Stand zona D Pertanian (Parkir taman Denggung sisi Barat), sebanyak 36 stand diperuntukan stand Pertanian,UKM, Untuk kontribusi Dinas P2K dan binaan @Rp700 ribu, UKM non-Binaan dari Kabupaten Sleman @Rp850 ribu, UKM dari luar kabupaten Sleman @Rp1 juta.

Stand E (Parkir taman Denggung sisi selatan), sebanyak 14 stand kuliner, UKM, dan Permainan anak. Kontribusi untuk stand kuliner dan ukm binaan SKPD Pemkab Sleman @Rp500 ribu, untuk stand kuliner, ukm non-binaan @Rp650 ribu, untuk stand kuliner dan UKM dari luar Pemkab Sleman @Rp750 ribu, kapling permainan anak 10×10 Rp12,5 juta.

Sementara untuk Stand F (Jalan Turgo sisi utara Lapangan Denggung) sebanyak 38 untuk stand Pemerintah, Museum, lembaga/organisasi profesi, display produk UKM, dan 3 perusahaan otomotif. Kontribusi untuk stand instansi Pemerintah @Rp750 ribu, museum @Rp 850 ribu, lembaga/organisasi profesi @Rp850 ribu, stand perusahaan otomotif @Rp3 juta.

Untuk pendaftaran stand dilaksanakan 6-22 April 2015 di Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman, Jalan Parasamya Tridadi Sleman, Telp 0274-868405 ekstensi 1150.