Pengurus RT/RW, Mitra Kerja Pemkot Bangun Kota Yogyakarta

PELANTIKAN - Pengurus RT/RW se-Kecamatan Gondomanan dikukuhkan Camat Gondomanan, Agus Arif Nugroho, di Ndalem Yudonegaran Jumat malam, (27/3/2015). (Foto: Pemkot Yogyakarta)
PELANTIKAN – Pengurus RT/RW se-Kecamatan Gondomanan dikukuhkan Camat Gondomanan, Agus Arif Nugroho, di Ndalem Yudonegaran Jumat malam, (27/3/2015). (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Kota Yogyakarta, JOGJADAILY ** Sebagai mitra kerja Pemerintah Kota Yogyakarta, RT/RW turut serta dalam berbagai kegiatan, baik program pembangunan maupun kemasyarakatan. Dengan kebersamaan dan kesungguhan hati, para Pengurus RT/RW dapat membantu keberhasilan pelaksanaan pembangunan Kota Yogyakarta.

“Saya yakin, Pengurus RT dan RW yang telah dikukuhkan bisa melaksanakan tugas dengan amanah, bisa mengayomi warga masyarakat di wilayah masing-masing yang tentunya akan banyak dinamika yang terjadi dimasyarakat,” ujar Camat Mergangsan, Tyasning Handayani Shanti, saat mengukuhkan Pengurus RT dan RW se- Kecamatan Mergangsan di Gedung Puri Dwipari, Selasa malam (31/3/2015).

Pengurus RT dan RW yang dikukuhkan berasal dari Kelurahan Keparakan sebanyak 58 RT dan 13 RW, Kelurahan Wirogunan sebanyak 84 RT dan 23 RW, serta Kelurahan Brontokusuman sebanyak 76 RT dan 24 RW.

“Dengan niat baik, niat ibadah, dan niat pengabdian kepada masyarakat, kami yakin, ke depan Pengurus RT dan RW bisa melaksanakan tugas dengan baik,” tegas Tyas, seperti dirilis Pemkot Yogyakarta.

Camat Mergangsan mengucapkan selamat kepada Pengurus RT dan RW masa bakti 2015-2018 yang beberapa waktu lalu telah dipilih melalui kepala keluarga, pemilihan langsung oleh warga berusia tujuh belas tahun, dan cara-cara lain yang sesuai kearifan lokal.

Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priyono, dalam sambutannya mengatakan, perjuangan Pengurus RT/RW dalam kemasyarakatan sangat luar biasa. Ia berharap, pengurus RT dan RW dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dan masyarakat serta dapat memahami kebutuhan masyarakat, baik kesehatan maupun pendidikan.

Pemerintah Kota Yogyakarta berkomitmen menuntaskan wajib belajar dua belas tahun bagi warga kurang mampu.

“Saya berharap, Pengurus RT dan RW, jika ada warganya mengalami permasalahan pendidikan, misalnya tidak dapat membayar sekolah, tidak dapat mengambil ijazah, mohon segera melapor ke kelurahan, kecamatan, atau ke Pemerintah Kota Yogyakarta, sehingga dapat segera diselesaikan,” katanya.

Pengabdian

Sebelumnya, Pengurus RT dan RW se-kecamatan Gondomanan dikukuhkan Camat Gondomanan, Agus Arif Nugroho, bertempat di Ndalem Yudonegaran, Jumat malam (27/3/2015). Walaupun telah dikukuhkan sebagai Pengurus RT dan RW, secara resmi mulai bertugas pada 1 April 2015.

Pengurus RT dan RW yang dikukuhkan berasal dari dua Kelurahan, yaitu Kelurahan Ngupasan dan Kelurahan Prawirodirjan. Kelurahan Ngupasan sebanyak 13 RW dan 49 RT, sedangkan untuk Kelurahan Prawirodirjan sebanyak 18 RW dan 61 RT.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, dalam sambutannya mengatakan, menjadi Pengurus RT dan RW adalah sebuah pengabdian yang didasari rasa cinta kepada warga masyarakat untuk bisa melayani masyarakat serta menyelesaikan persoalan di tingkat RT dan RW.

Walikota berharap, Pengurus RT dan RW dapat menjaga kerukunan, baik sesama tetangga maupun sesama warga, dan ajaklah seluruh masyarakat untuk hidup guyub dan rukun, menjadi bagian dari pembangunan Yogyakarta.

“Itulah yang namanya istimewa. Terus gelorakan gerakan segoro amarto dengan empat pilarnya, yaitu kemandirian, kedisiplinan, kepedulian, dan kebersamaan menjadi sikap dan pola pikir masyarakat,” tegas Walikota.