Promosikan UMKM, Pemkot Yogyakarta Ikuti Pameran Inacraft 2015

PROMOSI UKMK - Stand Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Yogyakarta turut dalam Pameran Inacraft 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), 8-12 April 2015. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)
PROMOSI UKMK – Stand Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Yogyakarta turut dalam Pameran Inacraft 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), 8-12 April 2015. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Jakarta, JOGJADAILY ** Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Yogyakarta turut dalam Pameran Inacraft 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), 8-12 April 2015.

Pada pameran tersebut, Dekranas Kota Yogyakarta menampilkan beberapa produk kerajinan unggulan, seperti handicraft, kerajinan perak, kerajinan batik, tas rajut, dan berbagai jenis kerajinan lain.

“Ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kami terhadap kerja keras para pengrajin yang telah bersusah payah membuat produk-produk tersebut dengan cara mengikutsertakan mereka dalam pameran ini,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya UMKM Disperindakoptan Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto, dirilis Humas Pemkot Yogyakarta.

Ia mengatakan, mengikuti Inacraft 2015 merupakan kebanggaan bagi para pengrajin Kota Yogyakarta, karena bisa terlibat langsung dalam perhelatan produk-produk dalam negeri dari daerah lain.

“Pelaksanaan Pameran Inacraft ini banyak dinanti-nanti oleh masyarakat luas, karena ini pameran terbesar se-Asia. Dari informasi panitia pelaksana, banyak pengusaha yang tidak dapat ambil bagian dalam pameran ini, karena tempatnya sudah habis katanya,” ungkap Tri Karyadi.

Inacraft 2015 diselenggarakan Association of Exporters and Producers of Indonesian Handicraft (ASEPHI) dan dibuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Rabu (8/4/2015). Pameran memamerkan hasil kerajinan seluruh Indonesia.

Industri Kreatif

Ketua Dekranas Kota Yogyakarta, Tri Kirana Muslidatun, sangat bangga dan menyambut baik keikutsertaan pengrajin Kota Yogyakarta. Karena, dengan mengikuti pameran ini dapat memperkenalkan produk asli daerah ke mancanegara.

Inacraft merupakan salah satu pameran kerajinan terlengkap di Indonesia dan bisa menjadi ajang promosi produk kerajinan lokal Nusantara. Di samping dapat mengenalkan produk-produk dalam negeri, menurutnya, secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa cinta pada produk buatan negeri sendiri.

“Pameran ini sangat bergengsi, karena pada event ini bisa dijadikan media untuk menunjukkan eksistensi industri kreatif kerajinan Indonesia kepada dunia internasional, di tengah persaingan pasar produk sejenis di era perdagangan bebas global,” jelasnya.

Namun diakuinya, untuk menembus pasar dunia, tidak semata-mata mengenalkan produk tetapi dibutuhkan pula kreativitas dan inovasi para pengrajin dalam mengemas dan mendesain produk kerajinannya.

“Saya berharap agar para penngrajin Kota Yogya selalu mengikuti event tahunan ini,” pungkasnya.