Raymond Friedrich, Pengelana Roda Dua Asal Melbourne Australia Pencinta Kulon Progo

BIKER - Raymond Friedrich, biker asal Melbourne Australia yang kesengsem pada Kulon Progo. (Foto: 2wheelvagabond Blogspot)
BIKER – Raymond Friedrich, biker asal Melbourne Australia yang kesengsem pada Kulon Progo. (Foto: 2wheelvagabond Blogspot)

Kulon Progo, JOGJADAILY ** Berawal dari undangan penikmat touring sepeda motor asal Wates, Andry Berlianto, seorang pengelana roda dua asal Melbourne Australia Raymond Friedrich pun berkunjung ke Kulon Progo

Admin www.2wheelvagabond.blogspot.com itu sangat terkesan dengan keindahan dan keramahan warga Kulon Progo. Ia juga terkesan dengan pengembangan wisata yang dilakukan masyarakat setempat, tanpa merusak lingkungan.

Raymond berkunjung ke Sermo, Kali Biru, air terjun Kembangsoka, dan Taman Sungai Mudal. Rute perbukitan Menoreh sengaja dipilih karena indah dan bersejarah.

Baginya, berwisata Kulon Progo dengan sepeda motor cukup bagus. Jalanan dan pemandangannya bagus, ditambah sedikit petualangan.

“Banyak wisatawan yang melihat tempat-tempat wisata utama, tetapi tempat ini lebih memiliki jiwa petualangan. Karena, jalan menuju tempat ini curam dan menantang, sehingga bagi penggemar petualangan sangat senang datang ke tempat ini, apalagi sambutan penduduk sekitar yang ramah,” tutur Raymond, dirilis Pemkab Kulon Progo.

‘Eco-Tourism’

Ia berharap, Pemerintah Daerah membantu masyarakat untuk mengembangkan pariwisata, dengan ikut terlibat di dalamnya, tetapi tetap menjaga kealamian tempat.

Eco-tourism sangatlah penting, karena jika lingkungan tidak dirusak maka tempat itu akan menarik banyak wisatawan. Bagi pariwisata yang berbasis pada keindahan alami tentunya penting untuk menjaga lingkungannya, sehingga memerlukan peraturan yang harus ditaati,” terangnya.

Pemerintah perlu memberi saran bagi warga sekitar untuk menjamin lingkungan ini terus berlanjut (sustainable). Dari sisi karakter, pariwisata Kulon Progo lebih ke arah pegunungan, yaitu wisata minat khusus.

Raymond tertarik ke Kulon Progo karena memiliki tempat bagus, lalu-lintas yang tidak padat, pemandangan yang indah. Tidak hanya tujuan wisata, tetapi sepanjang perjalanan pun indah. Wisata Kulon Progo juga menawarkan sisi petualangan.

Wisatawan terkadang dapat melintas di jalan utama, terkadang jalur off-road, mengunjungi masyarakat setempat, makan di rumah penduduk, dan melihat hal-hal yang tidak dilihat setiap wisatawan.

Saking terkesannya, Raymond merekomendasikan Kulon Progo kepada teman-temannya. Menutup kunjungannya, Raymond berharap agar pengembangan wisata dilakukan secara bijaksana.

“Jangan sampai kehilangan keindahan alamiah. Apalagi sebagai seorang pengelana, saya melihat di Indonesia banyak tempat yang indah, tetapi kemudian rusak karena industri pariwisata berjalan tidak secara baik,” pungkasnya di atas BMW GS1200 yang menemaninya sepanjang perjalanan.