Resa Tiara Kusuma-Yulham Reyvandov, Juara I Kartini-Kartono Bantul 2015

HARI KARTINI - Ilustrasi Peringatan Hari Kartini. (Foto: Blognya Julink Mache WordPress)
HARI KARTINI – Ilustrasi Peringatan Hari Kartini. (Foto: Blognya Julink Mache WordPress)

Bantul, JOGJADAILY ** Minggu (26/4/2015), pasangan Resa Tiara Kusuma-Yulham Reyvandov dari SMAN 3 Bantul meraih Juara I Pemilihan Kartini-Kartono Bantul 2015 di Lapangan Trirenggo. Juara II diraih pasangan Laura Julia-Afrian Hamida dari SMAN 1 Pundong. Sementara Juara III disandang Monica E. Handita-Ayyasi dari SMAN 1 Bantul.

“Saya memberikan apresiasi bagus kepada para peserta yang dengan segenap kemampuannya menjabarkan tentang visi dan misi Kabupaten Bantul, menggunakan bahasa Jawa,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Riyantono, dirilis Humas Pemkab Bantul.

Peserta lomba berbusana Jawa dan berpidato menggunakan Bahasa Jawa. Ia berharap, pada waktu-waktu yang akan datang para peserta dipersiapkan lebih baik dalam mengupas topik yang ditentukan panitia.

Ketua Panitia, Sri Edi Astuti, mengatakan, Lomba Kartini-Kartono pertama kali digelar, dalam rangka memeriahkan Hari Kartini dan diharapkan menjadi event tahunan.

Sebelum final digelar babak penyisihan tanggal 21 April 2015. Ada 130 pasangan pendaftar yang dikerucutkan menjadi 20 pasangan. Mereka lalu tampil dalam ajang final di hadapan ribuan penonton.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada siswa-siswi SMA, SMK, dan MA di Kabupaten Bantul dalam berekspresi serta menampilkan bakat dan kemampuannya. Pemilihan ini bukan hanya meliputi keserasian, keluwesan, atau penampilan para siswa saja, namun juga mengedepankan pengetahuan tentang Pancasila, kebudayaan, dan wawasan tentang Bantul lewat seleksi tertulis yang sudah berlangsung sebelumnya,” jelas Sri Edi Astuti.

Pada sesi undian salah satu motor, Bupati Bantul Hj. Sri Suryawidati, berkenan mengambil satu undian sepeda motor dan peserta yang mendapat Hidayaturokhmah warga Bolon, Palbapang Bantul.

Sebelum final Kartini-Kartono 2015, digelar senam bugar bersama Bupati Bantul, Sri Suryawidati, diikuti ribuan peserta berhadiah undian 3 sepeda motor untuk peserta senam dan 1 sepeda motor khusus pasangan Kartini-Kartono.