Sambut Ramadhan 1436 H, Pusat Bisnis Pasar Beringharjo Buka Peluang Kerja Sama

SAMBUT RAMADHAN - Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bisnis Pasar Beringharjo, Gunawan Nugroho Utomo, membuka kerja sama dengan berbagai pihak, menyambut Ramadhan tahun ini. (Foto: Arif Giyanto)
SAMBUT RAMADHAN – Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bisnis Pasar Beringharjo, Gunawan Nugroho Utomo, membuka kerja sama dengan berbagai pihak, menyambut Ramadhan tahun ini. (Foto: Arif Giyanto)

Kota Yogyakarta, JOGJADAILY ** Menyambut Ramadhan 1436 H tahun ini, Pusat Bisnis Pasar Beringharjo membuka peluang kerja sama bagi siapa pun untuk berpartisipasi. Kerja sama mulai dari menghias pusat perbelanjaan hingga event kreatif.

“Kita akan coba hias lokasi Pusat Perbelanjaan Beringharjo dengan hiasan atau ornamen-ornamen bertemakan lebaran. Tidak ada salahnya kita coba seperti tahun lalu di mana kita bekerja sama dengan salah satu bank di Yogyakarta untuk memeriahkan suasana lebaran,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bisnis Pasar Beringharjo, Gunawan Nugroho Utomo, kepada Jogja Daily, Jumat (25/4/2015).

Menurut Gunawan, mulai bulan Mei 2015, pihaknya akan kembali membuka kesempatan kerja sama menghias Pusat Perbelanjaan Beringharjo dalam suasana Ramadhan dan lelang pengadaan jasa perbaikan kamar mandi.

“Saat ini kami sedang proses lelang pengadan penyedia jasa untuk perbaikan kamar mandi/WC di LPSE. Semoga di Bulan Puasa sudah bisa operate dengan fasilitas kamar mandi/WC yang baru demi kenyamanan pengunjung pasar. Paling tidak, salah satu dari dua lokasi kamar mandi/WC yang kami renovasi telah dapat digunakan,” terang alumnus UGM tersebut.

Menjelang Bulan Ramadhan, sambungnya, jumlah pengunjung Pasar Beringharjo akan meningkat. Gunawan mengimbau seluruh pedagang dan pengunjung pasar untuk dapat bersama-sama mewujudkan pasar tradisional yang tertib.

Pasare resik, atine becik, rejekine apik, sing tuku ora kecelik. Bersih, aman, dan nyaman,” tegas Gunawan.

Ikon Jogja Istimewa

Gunawan menambahkan, dalam Ramadhan 1436 H, nuansa Jogja Istimewa juga dimunculkan. Misalnya, dalam desain pendukung program.

“Kami jelas akan memasukkan ikon-ikon Jogja Istimewa dalam program-program Bulan Puasa dan Lebaran tahun ini. Semisal desain pendukung program,” ucapnya.

Menyoal harga barang yang meningkat tajam menjelang Lebaran, Gunawan mengatakan, pihaknya tengah berupaya berkoordinasi dengan pedagang untuk menggelar Sale Ramadhan.

“Pernah kami coba koordinasikan dengan pedagang, tetapi untuk melakukan Sale Ramadhan, ya blum ada kesepakatan. Tapi akan kami upayakan untuk ada Sale Ramadhan,” tutur Gunawan.

Pusat Bisnis Pasar Beringharjo juga mempersilakan para pedagang untuk mengadakan event selama Bulan Ramadhan 1436 H.

“Soal event selama Ramadhan, belum ada. Tapi nanti kalau teman-teman pedagang mau, kita akan fasilitasi,” pungkas Gunawan.

Kompetisi dengan Pasar Modern

Menjelang Ramadhan, salah satu isu penting di kalangan pedagang tradisional adalah promo pasar modern yang kemungkinan besar dapat menarik banyak pengunjung. Keadaan ini dianggap ancaman bagi eksistensi pasar tradisional. Namun, tidak demikian dengan Gunawan. Ia yakin, pasar tradisional memiliki positioning tersendiri.

“Para pedagang memang merasa terancam dengan semakin menjamurnya pasar modern. Namun, situasi tersebut dapat dianggap sebagai peluang, bila kita dapat menjadikan pasar modern sebagai partner. Karena, positioning-nya pun berbeda,” ungkap Gunawan.

Pasar tradisional, katanya, tempat transaksi paling komplit, baik dagangan maupun suasana dan penghuninya. Meski demikian, pembenahan pasar tradisional dengan tetap menjaga kebersihan, keamanan, kerapian, kejujuran, dan keramahan para pedagang sangat berpengaruh pada eksistensi pasar tradisional.

“Sumbangsih pasar tradisional untuk PAD sangat signifikan. Pendapatan pedagang dari aktivitas grosir juga besar nilainya. Tapi menjaga minat konsumen untuk tetap stabil, bahkan meningkat, dengan pelayanan yang terus diperbaiki, akan membuat pasar tradisional semakin dicintai warga Jogja,” kata Gunawan.

4 thoughts on “Sambut Ramadhan 1436 H, Pusat Bisnis Pasar Beringharjo Buka Peluang Kerja Sama

  1. Maju terus pasar tradisional. Terus lakukan revitalisasi pasar tradisonal agar tak kalah dengan pasar. “belanja, ya di pasar tradisional aja…”. Murah meriah dan pedagangnya ramah…

Comments are closed.